15.6 C
New York
Sunday, May 19, 2024

Peringati Hari Solidaritas Hijab Internasional, Kohati UIN SU Berbagi Hijab di Medan

Medan, MISTAR.ID

Dalam rangka memperingati hari solidaritas hijab internasional, Korps HMI Wati (Kohati) Fakultas Ilmu Sosial, Sains dan Teknologi UIN SU, berbagi hijab gratis kepada para perempuan di Lapangan Merdeka Kota Medan, Minggu (10/9/23).

IHSD (International Hijab Solidarity Day) adalah hari peringatan untuk mendukung muslimah yang terintimidasi dalam mengenakan hijab, terkhusus negara barat.

“Hari hijab ini sebenarnya jatuh pada tanggal 4 September 2023 kemarin, namun hari ini sebagai hari puncaknya, agar lebih maksimal. Tujuannya lebih ke sosialisasi kepada masyarakat bahwa hijab itu penting dan masih banyak juga yang tidak mendapat kesetaraan dalam berhijab. Termasuk dalam kriteria pekerjaan,” ujar Liza Ketua Kohati Komisariat FIS UIN SU.

Baca juga: Sebanyak 5587 Maba UIN SU Ikuti PBAK

Peringatan ini terlahir karena bentuk aksi protes perempuan dalam konferensi London dari berbagai negara yang tidak memiliki kebebasan dalam berhijab.

Terutama Prancis, menjadi negara pertama di Eropa yang melarang kebebasan mengenakan hijab di ruang publik tahun 2010. Diikuti dengan Inggris, Tunisia dan kisah Marwa El Sharbini yang dibunuh terkait hijab.

Karena landasan tersebut kegiatan ini dilakukan. Apalagi banyak masyarakat Kota Medan yang tidak tahu akan hari tersebut, terutama penganut agama Islam.

“Saya juga tidak ingat dengan hari tersebut, tapi dulu sekitar tahun 2019 ada juga mahasiswa UIN SU yang melakukan kegiatan seperti ini,” kata Fina selaku pedagang yang menerima hijab gratis.

Related Articles

Latest Articles