19.1 C
New York
Thursday, October 3, 2024

Perayaan Imlek di Medan Kondusif

Medan, MISTAR.ID – Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, mengenaskan perayaan Tahun Baru Imlek 2571 di Kota Medan, berjalan lancar tanpa adanya gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas)

Kondisi Kamtibmas itu disampaikan Kapolda Sumut seusai mengunjungi tiga vihara di Kota Medan bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhila, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Jumat (24/1/20) malam. “Semuanya berjalan aman dan kondusif,” katanya.

Martuani menyebutkan, kekondusifan itu terjadi berkat terjaganya hubungan toleransi antar sesama umat beragama. Mengingat Sumatera Utara merupakan miniaturnya Indonesia.

“Sumatara Utara merupakan provinsi yang khas karena banyaknya keberagaman etnis. Kondusifnya Perayaan Imlek bukti terjaganya hubungan tolerensi sesama umat beragama,” sebutnya.

“Kita semua dan bersama-sama berharap suasana keamanan di Sumatera Utara tetap terjaga dengan baik,” sambung jenderal bintang dua tersebut.

Sementara itu, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, mengungkapkan Perayaan Imlek ke depannya Sumatera Utara lebih baik dan bermatabat.

Pada malam menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Pangdam I/BB Mayjen MS Fadhilla memantau sejumlah Vihara di Kota Medan.

Adapun Vihara yang dikunjungi pimpinan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forpimda) Provinsi Sumut itu Vihara Borobudur di Jalan Imam Bonjol. Lalu, Vihara Setia Budi di Jalan Irian Barat, Kecamatan Medan Timur, dan Vihara Maitreya di Komplek Cemara Asri.

Setibanya di ke tiga vihara itu, rombongan Forkopimda tersebut melakukan pengecekan memastikan kondisi keamanan selama ibadah Tahun Baru Imlek tetap kondusif.

Diberitakan sebelumnya, Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, mengatakan Polda Sumut telah menurunkan 2.473 personil gabungan Kodam I/BB dan Poldasu melaksanakan pengamanan Perayaan Imlek.

“Nantinya, mereka (personil) akan melakukan pengamanan dan pengawasan di vihara-vihara selama prosesi ibadah,” katanya didampingi Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja.(hm02)

Penulis : Saut

Editor : Herman Maris

Related Articles

Latest Articles