20.5 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Pengamat: Silaturahmi Lebaran Belum Aman, Jika Terpaksa Perketat Prokes

Medan, MISTAR.ID

Tahun ini, di hari Raya Idul Fitri 1442 H/2021 pandemi Covid-19 juga masih belum usai. Tradisi saling mengunjungi untuk bersilaturahmi tak bisa ditinggalkan oleh masyarakat.

“Namun, karena Covid-19 masih mengintai sebaiknya urungkan niat bersilaturahmi. Karena saat ini memang belum aman,” kata Pengamat Kesehatan dari Universitas Sumatera Utara (USU), Delyuzar pada wartawan Sabtu (15/5/21).

Masyarakat Sumatera Utara (Sumut) khususnya Medan harus terus waspada agar terhindar dari paparan Covid-19 yang jumlah kasusnya terus meningkat.

Baca Juga: Selama Covid-19, Poldasu Dirikan 286 Kampung Paten

“Namun, jika kalau akan berkunjung juga yakinkan anggota keluarga tidak ada yang demam dan gejala spesifik lain seperti gangguan penciuman dan rasa atau gangguan pernafasan. Disarankannya harus menyiapkan cuci tangan,” jelasnya.

Tempat cuci tangan ini, tambah Delyuzar sebaiknya di letak di depan rumah lengkap dengan sabun. Maka setiap tamu yang masuk sebelumnya harus cuci tanga dan tidak salaman.

“Ridak usah makan kue sehingga terpaksa buka masker usahakan tidak bercakap-cakap lagi. Atau segera pakai masker setelah makan dan minum, tetap jaga jarak dan bila tidak satu rumah sebaiknya berjauhan. Bila harus berbincang bincang tetap pakai masker dan jaga jarak,” terangnya.

Baca Juga: Pengamat: Belajar Tatap Muka Harus Sesuai Prokes

Bahkan sebutnya sebaiknya bila tidak satu area apalagi suka berkeliaran tidak usah datang mendatangi di masa Pandemi ini, kasihan orang tua yang bisa terpapar dari anak muda tanpa gejala.

“Maka jangan mudik, cukup dengan Video call saja silaturahminya untuk menghilangkan rasa rindu dengan sanak saudara,” pungkasnya. (Anita/hm13)

Related Articles

Latest Articles