14.4 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Pemprov dan Kemenkumham Sumut akan Diskusikan Nasib Pengungsi Afghanistan

Medan, MISTAR.ID

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mencarikan jalan keluar terhadap nasib para pengungsi Afghanistan.

Hal tersebut disampaikan, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Biro Perekonomian Pemprovsu, Ismail Nasution saat menanggapi unjuk rasa pengungsi Afghanistan di depan Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Medan, Selasa (21/9/21).

“Nanti kita akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mendiskusikan persoalan dari pengungsi Afghanistan ini,” kata Ismail.

Baca juga: Pencari Suaka Asal Afghanistan Minta Gubernur Bantu Masalah Mereka

Kepala Bidang (Kabid) Intelijen dan Penindakan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Sumut Arthur Lucky mengatakan keinginan pengungsi agar ditempatkan ke negara ketiga.

“Mereka datang meminta agar ditempatkan ke negara ketiga. Karena mereka sudah lama. Permintaan ini akan dibahas ke depan bersama instansi terkait,” sebutnya.

Sampai saat ini jumlah pengungsi Afghanistan yang ada di Sumut sekitar 1800 orang, dan paling banyak tinggal di Kota Medan.

Baca juga:Cari Suaka Ke Turki, Gelombang Pengungsian Warga Afghanistan Tempuh Jalur Darat

Menurutnya, para pencari suaka seharusnya tidak boleh melakukan demonstrasi karena dimasa pandemi Covid-19. Namun begitu, pihaknya tetap melakukan upaya persuasif mengingatkan mereka.

“Kami himbau agar mereka segera kembali dan menyampaikan secara tertulis kepada Pemprov Sumut,” tandasnya. (Iskandar/hm06).

Related Articles

Latest Articles