10.4 C
New York
Monday, May 13, 2024

Pemko Medan Usulkan Pengadaan 1.000 Vial Vaksin Rabies

Medan, MISTAR.ID

Pasca terjadinya insiden digigit anjing yang menyebabkan seorang bocah meninggal dunia, Pemko Medan langsung bergerak dengan menyediakan vaksin rabies. Dinas Kesehatan mengusulkan pengadaan vaksin rabies sebanyak 1.000 vial guna mengantisipasi hal serupa terjadi kembali.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Syamsul Arifin Nasution saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (24/6/21) menjelaskan, Dinas Kesehatan terus berupaya menyediakan vaksin rabies. Salah satunya dengan mengusulkan penyediaan sebanyak 1.000 vial vaksin rabies. “Sudah kita usulkan 1.000 vial. Semoga segera terealisasi,” ungkapnya.

Selain itu, Dinas Kesehatan juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara untuk meminta bantuan penyediaan vaksin rabies sembari menunggu datangnya vaksin yang telah diusulkan. Sebab menurut, Syamsul vaksin ini sangat sulit didapat karena jarang digunakan masyarakat. “Untuk menambah persediaan, kita minta bantuan Pemprovsu dan vaksin sudah kita terima, namun jumlahnya terbatas. Hanya lima vial saja,” sebutnya.

Baca Juga:Anaknya Meninggal Dunia Setelah Digigit Anjing, Orang Tua Tempuh Jalur Hukum

Syamsul juga mengakui bahwa ketersediaan vaksin rabies yang dimiliki Pemko saat ini, jumlahnya cukup terbatas. Hanya ada tiga vial mengingat sulitnya mendapat vaksin tersebut. Oleh sebab itu, Pemko akan terus berupaya menambah ketersediaan vaksin rabies.

“Kita hanya punya tiga vial saat ini, dan ada di Puskesmas Helvetia. Mmakanya kita langsung minta bantuan ke Dinas Kesehatan Provinsi. Setelah itu, akan kita distribusikan ke lima Puskesmas center di Kota Medan,” jelas Syamsul.

Adapun Puskesmas center yang dimaksud adalah Puskesmas Medan Johor, Puskesmas Medan Tuntungan, Puskesmas Medan Sunggal, Puskesmas Medan Helvetia dan Puskesmas Bestari.

“Kita tidak berharap hal serupa terjadi kembali. Kalau pun terjadi, masyarakat bisa segera merujuk ke lima Puskesmas center tersebut ataupun langsung dibawa ke Rumah Sakit terdekat,” ujarnya. (amsal/hm12)

Related Articles

Latest Articles