14.5 C
New York
Sunday, September 8, 2024

Pemko Medan Sosialisasikan Satu Data Indonesia ke Aparatur Kelurahan Cantik

Medan, MISTAR.ID

Pemko Medan melalui Bappeda melakukan sosialisasi penyelenggaraan Satu Data Indonesia kepada 21 kelurahan yang terpilih menjalankan program Kelurahan Cantik (Cinta Statistik) dari masing-masing kecamatan di Kota Medan, Senin (2/9/24).

Kepala Bappeda Medan,Benny Iskandar mengatakan, Kota Medan telah menetapkan 21 kelurahan mewakili 21 kecamatan untuk mengikuti program Cantik. Dimana program ini akan dimulai dari tingkat kelurahan, dilaksanakan untuk pengembangan data statistik Kota Medan.

“Tentunya Ini merupakan implementasi dari Kepres nomor 39 tahun 2019 dan dilanjutkan dengan Perwal Kota Medan nomor 31 tahun 2021 tentang penyelenggaraan satu data Kota Medan. Diharapkan dari penyelenggaraan ini dapat tercipta tata kelola data yang baik berbasis dari komponen yang paling awal, yakni kelurahan,” katanya.

Baca juga: Atasi Banjir, Pemko Medan akan Buat Bronjong di Sungai Sei Sikambing

Menurut Benny, seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan termasuk kelurahan dan kecamatan merupakan produsen data.

“Untuk itu para peserta sosialisasi yakni aparatur kelurahan agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan memahami penyelenggaraan program satu data yang berkualitas,” pintanya.

Benny berharap 21 kelurahan ini dapat menjadi contoh bagi kelurahan lainnya dan dapat ikut dalam perlombaan statistik baik itu di tingkat kota, provinsi hingga nasional.

“Ini merupakan pertemuan ketiga setelah di launching Pak Wali Kota Medan beberapa waktu lalu. Melalui pertemuan ini kita ingin memastikan seluruh proses terkait data sudah terlaksana dengan baik,” tandasnya. (rahmad/hm25)

 

Related Articles

Latest Articles