16.6 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Pemko Medan Akan Normalisasi Parit AMD dan Sungai Bedera

Medan, MISTAR.ID

Guna memastikan perbaikan berjalan baik, Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau pembersihan parit AMD di Jalan Speksi, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Rabu (9/3/22).

Dengan mengendarai motor ATV, Bobby tampak memperhatikan personel Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) Kecamatan Medan Marelan berkolaborasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan melakukan pembersihan di lokasi.

Seperti diketahui, parit AMD berfungsi menampung buangan dari drainase maupun parit. Namun karena lama tidak dinormalisasi, parit tidak mampu menampung debit air, sehingga menyebabkan back water dan air menggenangi rumah warga.

Baca juga:Banjir Medan, Jaya Arjuna: Drainase di Kota Medan Banyak Dipenuhi Sendimen

Salah seorang warga sekitar, Ahmad menjelaskan bahwa terjadinya banjir di kawasan Medan Marelan karena parit AMD mengalami pendangkalan, sehingga tidak mampu mengalirkan ke Sungai Bedera.

“Sejak dibangun tahun 2005, parit AMD tidak pernah dikeruk, Pak. Karena tak lama tidak dinormalisasi, parit AMD yang berfungsi untuk menghubungkan dengan Sungai Bedera tersumbat. Jika parit AMD dinormalisasi, Insya Allah dapat meminimalisir terjadinya banjir maupun genangan air,” ungkap Ahmad pada Bobby Nasution.

Mendengar penjelasan Ahmad, Bobby yang didampingi Kadis PU Topan OP Ginting, Kadis Kebersihan dan Pertamanan SI Dongoran, Kadis Kominfo Arrahman Pane serta Camat Medan Marelan M Yunus, langsung melihat peta lokasi di kawasan tersebut.

“Pembersihan parit AMD harus dilakukan maksimal, sehingga mampu meminimalisir banjir maupun genangan air yang selama ini terjadi,” kata orang nomor satu di Pemko Medan ini.

Dikatakannya, pihaknya bersama Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II juga akan melakukan normalisasi Sungai Bedera yang kini mengalami penyempitan dan pendangkalan.

“Normalisasi kita lakukan untuk meminimalisir banjir. Saya harap warga juga ikut membantu. Dan tanah hasil pengorekan sungai akan digunakan untuk membangun benteng Sungai Bedera di dekat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Terjun,” jelasnya.

Baca juga: Korban Banjir Medan: Habis Semua Pak!

Dalam peninjauan tersebut, Bobby juga meminta petugas untuk melebarkan alur yang telah mengalami penyempitan saat melakukan normalisasi parit AMD.

“Tadi kita juga mendapati adanya pintu air yang rusak. Saya sudah perintahkan Kadis PU untuk segera melakukan perbaikan agar air dapat mengalir secara normal,” tandasnya.

Terlihat di lokasi, personel P3SU Kecamatan Medan Marelan dan Dinas PU melakukan pembersihan parit AMD didukung dengan dua unit alat berat milik Dinas PU. (rahmad/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles