20.9 C
New York
Tuesday, October 1, 2024

Pembukaan MTQ Ke-53 , Akhyar Berharap MTQ Kali Ini Yang Terindah

Medan | MISTAR.ID – Ribuan warga Medan memadati lokasi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-53 Tingkat Kota Medan Tahun 2020 di Jalan Ngumban Surbakti, Kelurahan Sempakata, Kecamatan Medan Selayang, Sabtu (15/02/2020) malam. Kegiatan diawali pembacaan ayat suci Al Quran oleh qori internasional Jakfar Hasibuan. Penaikan bendera MTQ oleh Paskibra MAN 2 Model Medan menjadi tanda dimulainya event pemuliaan kitab suci Al Quran.

Sebelum pembukaan dimulai, pagi harinya diawali dengan pawai ta’aruf. Meski hujan namun sebanyak 10.000 kafilah yang berasal dari seluruh kecamatan di Kota Medan ikut serta dalam prosesi pawai.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi berharap MTQ tahun ini menjadi MTQ terbaik dari yang pernah digelar sehingga bisa memberikan kenangan terindah. Apabila MTQ ini sukses dilaksanakan, insya Allah akan diperoleh dua kebaikan yakni kebaikan dunia dan akhirat. Ia mengajak untuk terus mendidik generasi muda Islam mampu membaca Al Qur’an dengan benar, serta memahami makna yang terkandung dalam Al Qur’an.”Untuk itu kegiatan MTQ ini harus terus kita laksanakan demi memastikan generasi muda Muslim Kota Medan akan senantiasa dekat dengan Al Qur’an,” kata Akhyar.
Sebelumnya Asisten Pemerintahan, Musadad Nasution menjelaskan, MTQ akan berlangsung selama sepekan mulai 15-22 Februari yang diikuti 810 peserta berasal dari utusan kecamatan se-Kota Medan. Kemudian ditambah utusan dari Madrasah Aliyah Negeri dan swasta, khusus cabang Fahmil Quran dan Syarhil Qur’an.
Untuk MTQ tahun ini, jelas Musaddad, ada 8 cabang yang dimusabaqahkan yakni Cabag Seni Baca Al Qur’an (putra/putri) dengan peserta sebanyak 262 orang, Hafalan Al Qur’an (putra/i) sebanyak 171 peserta, Fahmil Qur’an diikuti 36 regu atau 105 peserta, Syarhil Qur’an diikuti 31 regu atau 99 orang, Kaligrafi Al Quran (putra/i) sebanyak 79 peserta, Tafsir Al Qur’an (putra/i) sebanyak 56 peserta dan Karya Tulis Ilmiah (putra/i) sebanyak 32 peserta.
“Adapun maksud dan tujuan MTQ ini digelar dalam rangka usaha mengembangkan kemampuan membaca Al Qur’an dengan baik dan benar,” jelas Musadad.
Selama sepekan MTQ berlangsung, seluruh OPD, Kecamatan serta TP PKK/Dharma Wanita Kota Medan menampilkan stand yang peresmiannya telah dilakukan Plt Ketua TP PKK Kota Medan bersama Plt Wali Kota.

Penulis: Wasgo

Editor: Edrin

Related Articles

Latest Articles