17 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Peduli Anak Kanker, Komunitas Jurnalis Gelar Donor Darah

Medan, MISTAR.ID

Memperingati Hari Anak Sedunia, komunitas jurnalis dan karyawan XL Axiata menggelar donor darah untuk anak-anak kanker di Medan. Tercatat selama 2023, aksi sosial yang memang telah rutin digelar ini sudah menyumbangkan ratusan kantong darah untuk anak-anak kanker dari Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM).

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi mengatakan, kegiatan donor darah ini memang selalu rutin dilaksanakan dalam waktu pertiga bulan sekali di Kantor Grha XL Medan, Jalan Diponegoro No 5 Medan.

“Kegiatan ini bentuk kepedulian kita pada anak-anak penderita kanker, semoga darah yang dihasilkan bisa bermanfaat untuk anak-anak penerima donor darah,” ujarnya, Rabu (22/11/23).

Selama 2023, aksi donor darah ini telah berhasil mengumpulkan sebanyak 200 kantong darah. Dengan rincian aksi donor darah pada bulan Januari 2023 terkumpul 60 kantong darah, bulan Mei 2023 terkumpul 45 kantong darah, bulan Agustus 2023 terkumpul 40 kantong darah, dan bulan November 2023 terkumpul sekitar 55 kantong darah.

“Total ada sebanyak 200 kantong darah yang telah dikumpulkan selama 2023. Hari ini yang mendaftar sebanyak 60 orang, namun darah yang terkumpul 55 kantong. Darah ini akan diberikan ke Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM),” jelasnya.

Baca Juga : Meriahkan HUT Satlantas ke 68, Polres Siantar Gelar Donor Darah

Untuk komunitas jurnalis yang turut serta berpartisipasi dalam aksi ini adalah Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut, Forum Wartawan Kesehatan (Forwakes) Sumut, Karyawan XL Axiata, MTXL Axiata, Yayasan Onkologi Anak Medan (YOAM), RSUP H Adam Malik Medan, dan masyarakat umum.

Salah satu perwakilan komunitas jurnalis Ketua PFI Medan, Rahmad Suryadi mengatakan, selain sekaligus dalam memperingati Hari Anak Sedunia, pihaknya ingin memberikan kontribusi untuk anak-anak, terutama anak-anak penderita kanker agar terus semangat untuk meraih cita-cita dan mimpi dimasa depan.

“Melalui kegiatan donor darah ini, kami juga ingin merangkul jurnalis agar semakin sehat dan bersemangat. Banyak manfaat donor darah yang dirasakan oleh para pendonor. Diantara beberapa manfaat donor darah untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, menurunkan resiko kanker, membantu menurunkan berat badan, deteksi penyakit serius dan membantu agar lebih sehat secara psikologis. Semoga semakin banyak jurnalis lagi yang ikut serta dalam aksi sosial ini,” pungkasnya. (anita)

Related Articles

Latest Articles