16.6 C
New York
Thursday, May 9, 2024

PDDI Ajak Kaum Milenial Peduli Donor Darah

Medan, MISTAR.ID

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Komjen Pol (Purn) Adang Daradjatun, mengajak kaum milenial untuk selalu rutin melakukan donor darah. Hal itu dikatakannya saat melantik Pengurus Daerah (PD) PDDI Provinsi Sumatera Utara dipimpin Parlindungan Purba di Medan.

Dalam sambutannya, Adang mengatakan PDDI memiliki tiga program guna mengajak kaum milenial yang sudah berusia 17 tahun ke atas dan sehat untuk mendonorkan darah. Program tersebut yakni Goes To Campus, Goes To School, Goes to the People .

“Goes to Campus dan Goes to the People itu mengajak milenial untuk donor darah. Kita ingin menghilangkan kesan bahwa donor darah itu hanya bisa dilakukan oleh para orangtua. Ternyata tidak, darah-darah muda itu juga lebih baik dalam konteks kesehatan. Beberapa belakangan ini kaum milenial sangat senang sekali melakukan donor darah, kita tahu bahwa milenial senang melakukan kegiatan sosial,” ujarnya, Sabtu (10/9/22).

Baca Juga:PMI Berharap Plt Wali Kota Siantar Beri Penghargaan ke Pendonor Darah Aktif

Dia pun mengaku gembira bisa melantik PDDI Sumatera Utara. “Selama saya berkeliling (sebagai Ketua Umum PDDI), acara ini yang paling menggembirakan bagi saya, sebab banyak perwakilan masyarakat yang hadir, karena kita ingin kehadiran PDDI merupakan bagian kegiatan sosial dari kita untuk kita,” katanya.

Dia juga mengingatkan, PDDI merupakan perhimpunan orang-orang yang bekerja sosial yang memberikan darahnya melalui  Palang Merah Indonesia (PMI), lalu diberikan kepada orang yang membutuhkan. “Terus terang kerja kita ini kerja sosial, bersifat sosial untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Untuk itu teruslah membangun kebersamaan, persaudaraan melalui donor darah,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua PD PDDI Sumut Periode 2022-2027 Parlindungan Purba juga menegaskan, PDDI merupakan organisasi sosial yang bertujuan membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dan Pemerintah Provinsi Sumut dalam ketersediaan kantong darah dan sosialisasi atau edukasi agar  orang mau menjadi pendonor darah.

Baca Juga:Bakti Donor Darah di Polresta Deli Serdang Kumpulkan 180 Kantong

“Kegiatan sosial PDDI ini PMA, penanaman modal akhirat. Target kita adalah kaum milenial, karena generasi muda ini yang diharapkan dapat memikirkan atau care kepada orang lain dan kesehatan orang lain. Oleh karena itu kita akan bekerja sama dengan APTISI dan datang ke kampus serta sekolah. Kita harap Provinsi Sumut ini terbaik dalam hal ketersediaan ataupun pengadaan dan pelayanan khususnya donor darah di Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sumut drg Ismail Lubis berharap pengurus PDDI terus menjaga kekompakan dalam menjalankan tugas mulia ini. Sebab, tanpa kebersamaan tugas-tugas PDDI tidak akan berjalan.

“Kita menyambut baik komitmen PDDI untuk turut serta menyehatkan masyarakat yang prima guna mewujudkan Sumut bermartabat. Kita apresiasi PDDI yang menjalankan tugas mulia, menarik minat masyarakat untuk berdonor darah,” pungkasnya.(saut/hm15)

Related Articles

Latest Articles