11.1 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Panas Ekstrem Melanda India, 96 Orang Dinyatakan Tewas

New Delhi, MISTAR,ID

India mulai merasakan suhu panas yang cukup eskrem. Nyaris mencapai 45 derajat Celsius. Gelombang panas ini sudah merenggut 96 korban jiwa dari daerah wilayah Uttar Pradesh dan Bihar. Dua daerah berpenduduk paling padat dan saat ini mengalami panas yang paling eskrem.

Sesuai laporan otoritas setempat, jumlah korban tewas terbanyak di distrik Ballia, Uttar Pradesh, berkisar 54 orang. Distrik Ballia diketahui berjarak sekitar 300 kilometer sebelah tenggara Lucknow, ibu kota negara bagian tersebut.

Suhu panas pada Minggu (18/6/23) di Distrik Ballia tercatat mencapai 43 derajat Celsius, atau lebih tinggi lima derajat dari suhu normal. Sedangkan kelembapan relative, hanya tercatat mencapai 25 persen dan ini semakin mengintensifkan dampak cuaca panas terik.

Baca juga: Waspada Cuaca Panas Ekstrem, 6 Minuman yang Perlu Dihindar

Pemerintah India melalui Otoritas Uttar Pradesh dan Bihar telah memperingatkan warga. Khusus bagi yang sudah berusia 60 tahun ke atas dan setiap orang yang sedang sakit diminta untuk tidak keluar rumah.

Seorang petugas medis di Ballria, SK Yadav, mendapati ada 300 pasien mengalami penurunan kesehatan di rumah sakit karena dampak panas esktrem yang terjadi dalam kurung tiga hari terakhir.

Otoritas setempat mendapatkan kebanyakan korban tewas merupakan warga berusia 60 tahun ke atas dan menderita penyakit yang sudah ada sebelumnya, yang mungkin diperburuk oleh cuaca panas yang menyengat. (detik/hm17)

Related Articles

Latest Articles