15.2 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Otoritas Pelabuhan Belawan Tertibkan Truk Pengangkut Kontainer

Belawan, MISTAR.ID

Otoritas Pelabuhan (OP) Belawan melaksanakan Penertiban Single Truk Identification Data (STID) pada setiap truk pengangkut kontainer di Pelabuhan Belawan. Penertipan tersebut direncanakan hingga sampai awal bulan Desember 2022.

Dalam penertiban tersebut, banyak ditemukan Speksi yang sudah kadaluarsa atau sudah mati, namun kita tetap akan melaksanakan penertiban tahap kedua, yang kemarin itu tahap pertama kita berikan ke supir supir yang tidak dapat menunjukkan kartu STID nya dilapangan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Paspel Otoritas Pelabuhan Belawan Siswanti saat dikonfirmasi wartawan diruang kerjanya, Senin (14/11/22).

Baca juga:Truk Tangki Bermuatan CPO Terbalik di Belawan, Warga Rebutan Minyak

Lebih lanjut Ia mengatakan akan terus merekap laporannya.

“Yang kita lakukan itu jika ditemukan akan diberikan tanda surat peringatan pertama. Nanti kita rekap sekitar dua minggu, tanggal 20 November 2022 kita akan lanjutkan pada penitipan diseksi kedua, kita lakukan juga peringatan kedua terhadap supir truk dan begitu seterusnya,” tegas Siswanti.

Ia juga mengatakan akan mulai melakukan mandatoring yang dilaksanakan tanpa pandang bulu. Perusahaan truk yang tidak memiliki STID truknya tidak boleh masuk ke area Terminal Petikemas.

Kasi Paspel mengungkapkan, terkait STID ini sebelumnya sudah pernah dilakukan sosialisasi kepada pengusaha angkutan sebelum lounching pada tanggal 4 Juli 2022 kemarin.

“Kita tetap melakukan rapat dengan team terkait dengan Steakhoder maupun asosiasi.  sudah kita lakukan sosialisasi, dan Organda. Di luar dari rekan rekan Organda, Perusahaan itu secara mandiri untuk mendapatkan mendaftar keanggotaan dari STID nya,” lanjutnya.

Baca juga:Organda Medan Soroti Pembelian BBM Pakai Aplikasi MyPertamina

Ia menjelaskan, terkait hasil sosialisasi ini para pengusaha sangat mendukung sekali.

“Harapan kita, semoga program ini sukses karena menyangkut nama baik otoritas yang bagus, termaksud pelayanannya terhadap masyarakat. Tentu kita banyak didukung oleh masyarakat yang menerima bahwa costnya betul betul kita tekan,” harapnya. (kamaluddin/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles