6.9 C
New York
Monday, October 28, 2024

Musim Pancaroba, Dinkes Medan Imbau Warga Mewaspadai Penyakit Menular

Medan, MISTAR.ID

Dinas Kesehatan Kota Medan mengimbau masyarakat untuk melakukan kewaspadaan terhadap penyakit menular seperti batuk, pilek, ISPA dan flu singapura serta penyakit lainnya di musim pancaroba yakni peralihan musim panas ke musim penghujan seperti saat ini.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Dinkes Medan, dr Pocut Fatimah Fitri Mars menyebutkan, pihaknya melihat bahwa saat ini ada kenaikan angka untuk penyakit menular seperti batuk, pilek atau juga ISPA. Data itu dikumpulkan dari 41 Puskesmas di Kota Medan.

“Tercatat untuk kasus ISPA di Kota Medan pada Juli 21.290 kasus, namun di Agustus 27.271 kasus. Lebih kurang kenaikan 20%. Nah di September tercatat ada 28.132 kasus. Lalu kita mendengar juga angka kunjungan pasien meningkat pada bulan-bulan itu,” terangnya pada Mistar, Jumat (10/11/23).

Baca juga: Perempuan 7 Tahun Idap Penyakit Menular Usai Dicabuli Kakek, Paman Kandung dan Tetangga

Menurutnya, peningkatan itu dipengaruhi cuaca. Itu sebabnya Dinkes Medan mengimbau masyarakat agar menjaga daya tahan tubuhnya. Terutama pada balita dan anak-anak yang rentan akan penyakit menular.

“Kita meminta masyarakat untuk menjaga kebersihan, juga meminta pada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Istirahat yang cukup juga menjadi salah satu pencegahan untuk penyakit menular ini terutama pada anak-anak,” jelasnya.(anita/hm17)

Related Articles

Latest Articles