19.4 C
New York
Saturday, September 7, 2024

Musim Hujan, Dinas Ketapang Medan Pastikan Stok Bahan Pangan Tetap Aman

Medan, MISTAR.ID

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Medan, Gelora Ginting memastikan stok bahan pangan di bulan September 2024 masih aman, meski saat ini memasuki musim penghujan.

“Jika berkaca dari kebutuhan masyarakat di bulan Agustus, stok bahan pangan di bulan September ini masih aman,” ucap Gelora via telepon, Rabu (4/9/24).

Dijelaskannya, untuk stok beras saat ini masih aman di Bulog. Sementara untuk tumbuhan palawija, pihaknya terus melakukan kerja sama antar daerah (KAD) dengan kabupaten/kota di Sumut.

“Beras aman, apalagi ini juga masuk musim panen. Paling nanti kita tinggal menyesuaikan soal tumbuhan palawija sepeti cabai dan yang lainnya. Tapi itu juga masih aman, karena kita terus melakukan kordinasi,” jelasnya.

Baca Juga : Pemko Medan Sosialisasikan Satu Data Indonesia ke Aparatur Kelurahan Cantik

Gelora mengungkapkan saat ini pemerintah fokus pada Bulog yang diharapkan mengambil beras lokal dari petani. “Selain ketersediaan, pemerintah juga fokus agar Bulog mengambil beras lokal. Makanya saat ini kita fokus kesitu juga,” katanya.

Soal masih mahalnya harga beras premium, Gelora mengaku bahwa kenaikan harga tersebut bervariatif. Sebab berdasarkan pemantauan pihaknya di lapangan, pendistribusian beras premium masih berjalan lancar.

“Biasanya kenaikan itu muncul karena ada terjadinya penimbunan, namun sampai saat ini tidak ada kita temukan. Setiap hari kita cek ke distributor yang ada di Kota Medan, semua pendistribusian berjalan lancar. Artinya tidak ada penimbunan, makanya kita bilang masih bervariatif,” tutupnya. (rahmad/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles