28.1 C
New York
Monday, July 1, 2024

MIND ID Gelar Lomba Karya Jurnalistik ‘Memberi Nilai Tambah untuk Indonesia’

Medan, MISTAR.ID

PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) mengajak awak media di Kota Medan ikut dalam lomba karya jurnalistik yang mengambil tema Memberi Nilai Tambah untuk Indonesia’. BUMN Holding Industri Pertambangan ini menyediakan total hadiah lebih Rp300 juta untuk para pemenang.

Dalam sosialisasi kepada media, Selasa (1/8/2023), Corporate Communication MIND ID, Pratiwa Dyatmika, mengatakan jurnalis Provinsi Sumatera Utara cukup andal dalam mengolah kata untuk menghasilkan produk jurnalistik yang baik.

“Hal ini terbukti saat saya mendengar langsung berbalas pantun yang dilakukan masyarakat Medan. Sehingga saya percaya jurnalis di Medan berkualitas,” katanya.

Pratiwa pun berharap, melalui MediaMIND 2023, para pewarta di Medan dan Indonesia pada umumnya dapat memberikan edukasi kepada masyarakat soal program-program pemerintah yang dilakukan oleh MIND ID.

Baca Juga: Menyambut Hari Jadi, Pegadaian Gelar Lomba Karya Jurnalistik

“Masyarakat berhak mendapatkan literasi soal pertambangan nasional yang mendetail dan berbasis data akurat,” sebutnya.

Sementara itu, VP Smelter Government Relation and External Communication PT INALUM Fajri Ramadhan mengatakan, tema yang diambil sangat bagus untuk mempublikasikan target hilirisasi pemerintah.

Sehingga kontribusi karya tulis tak hanya hanya untuk individu jurnalis dan media, tetapi juga bagi Inalum, MIND ID serta masyarakat Sumatera Utara dan Indonesia.

Pengumpulan karya jurnalistik direncanakan digelar selama periode 24 Juli hingga 14 September 2023. Ada empat kategori karya yang dilombakan yaitu karya tulis ‘hard news’, karya tulis ‘feature’, video berita dan foto.

Seluruh produk jurnalistik yang dikirimkan peserta wajib memenuhi empat subtema yakni Industri, Komoditas, Ekonomi dan Bisnis, serta ESG (Environmental Social Governance).

Untuk industri, ini berkaitan dengan teknologi dan inovasi grup MIND ID serta proyek strategis MIND ID. Sedangkan komoditas, berkaitan dengan produksi grup MIND ID dan hilirisasi.

Ekonomi dan bisnis berkaitan dengan kinerja keuangan, sumbangsih grup MIND ID untuk ekonomi nasional dan daerah. Sedangkan ESG (Environmental Social Governance), berkaitan dengan ‘sustainability serta tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL).

Setiap karya jurnalistik tersebut nantinya akan dinilai oleh tiga juri praseleksi yaitu Maha Eka Swasta (juri foto dari LKBN Antara), Mysister Silvilona Tarigan (juri video dari Kompas TV) dan Azis Husaini (juri teks dari Kontan).

Kemudian akan dipilih 33 finalis yang bakal mengikuti ‘Media Site Visit’ pada 3 Oktober 2023. Seluruh finalis tersebut masing-masing akan mendapatkan hadiah Rp3 juta.

Selanjutnya dibagi ke tiga kelompok yang masing-masing beranggotakan 11 orang, untuk mengunjungi perusahaan anggota MIND ID di tiga lokasi yaitu Medan, Halmahera Timur dan Palembang.

Di sana, para finalis akan melakukan liputan untuk membuat satu karya yang akan kembali dilombakan. Karya-karya mereka dikumpulkan maksimal 15 November 2023 dan akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari 5 orang, yaitu Ketua IMEF Singgih Widagdo, Pemimpin Redaksi CNN TV Titin Rosmasari, Direktur Utama Tempo Media Arif Zulkifli, Kurator Independen dan Founder Matawaktu.org Oscar Motuloh dan Pemimpin Redaksi Narasinewsroom Zen RS.

Dewan Juri menentukan empat karya terbaik dari masing-masing kelompok yang beranggotakan 11 orang tersebut. Sebanyak 12 jurnalis terunggul itu berhak atas hadiah masing-masing Rp10 juta.

Baca Juga: Puncak Peringatan HPN 2023, PLN UP3 Serahkan Hadiah Lomba Karya Tulis Jurnalis Siantar

Kemudian, ke-12 karya tersebut akan dikompetisikan lagi untuk menemukan tiga karya “best of the best” yang akan meraup hadiah Rp20 juta per orang. Artinya, karya jurnalitik yang sukses menjadi “best of the best” total mengumpulkan Rp33 juta.

Selain itu, 12 jurnalis terbaik juga akan bersaing memperebutkan tiga tempat sebagai ‘juara favorit’ yang akan menerima hadiah senilai Rp3 juta per orang.

Para pewarta yang mengikuti MIND ID 2023 dapat mengirimkan karya untuk lebih dari satu kategori dengan maksimal lima produk jurnalistik per kategorinya.

Sosialisasi ini juga dihadiri Corporate Communication PT INALUM Gilang Sukma dan Kepala Biro Sumatera Utara Perum LKBN ANTARA Riza Mulyadi dan 40 perwakilan media di Medan.
(Anita/hm22)

Related Articles

Latest Articles