16.8 C
New York
Friday, May 17, 2024

Meski Ditolak Warga, Pemko Medan Tetap Akan Lakukan Pelebaran Parit Jalan Sampali

Medan, MISTAR.ID

Meski pendapat penolakan dari warga sekitar, rencana pelebaran parit di Jalan Sampali, Kelurahan Pandau Hulu II, Kecamatan Medan Area tetap akan dilanjutkan. Hal itu ditegaskan Wali Kota Medan Bobby Nasution saat meninjau lokasi, Selasa (5/9/23).

Orang nomor satu di Pemko Medan ini menyebut, bahwa rencana pelebaran tersebut guna mengatasi permasalahan banjir yang ada di Kota Medan.

“Jadi ini bukan parit, melainkan sungai. Dari 2021 sampai tahun ini, program dalam penanganan banjir masih terus kita lakukan. Pertama, kita melakukan normalisasi di aliran drainase menggunakan U-Ditch. U-Ditch ini nantinya akan mengalirkan air dari titik genangan ke aliran sungai,” ucap Bobby.

Baca juga: Bobby Nasution: Alokasi Anggaran untuk Penanggulangan Kemiskinan

Setelah dipasang U-Ditch, kata Bobby, normalisasi sungai harus dilakukan. Sebab, alirannya akan terjadi kendala, salah satunya back water. Sehingga hari ini kita lebarkan muka tampung airnya menjadi 7 meter.

“Saat ini lebar sungai ini bervariasi, ada yang 3-4 meter. Nanti setelah dilebarkan akan seragam semua lebarnya, yakni 7 meter. Tujuannya untuk bisa mempercepat aliran dari drainase ke aliran sungai,” katanya.

Dijelaskan Bobby, pelebaran yang dilakukan akan berdampak terhadap penanganan banjir di kawasan Ismailiyah, Kota Matsum dan Asia dengan luas wilayah mencapai 170 hektar.

Related Articles

Latest Articles