14.4 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Mendekati Lebaran, Aktivitas di Pasar Tradisional dan Mall Medan Dipadati Pengunjung

Medan, MISTAR.ID

Mendekati Lebaran atau Idulfitri 1443 Hijriah/2023 sejumlah pasar tradisional di Kota Medan dan mall dipadati pengunjung atau masyarakat yang ingin membeli sejumlah kebutuhan di hari nan fitri nanti.

Amatan di lapangan toko perlengkapan baju muslim, atau pakaian biasa dan toko sendal sepatu di serbu masyarakat. Tawar menawar juga terjadi antar penjual dan pembeli.

Menurut Hj Syeina yang berada di Lantai II Pusat Pasar Medan, pengunjung mulai ramai berbelanja sejak sepekan lalu.

“Ramenya sepekan belakangan ini, pas di awal Ramadan masih belum. Mungkin setelah THR turun banyak yang berbelanja,” sebutnya pada Mistar, Minggu (16/4/23).

Baca juga:Mudik Lebaran, Waspada 9 Titik Rawan Kecelakaan di Tol ini

Pasar tradisional di Medan kelihatan padat menjelang Lebaran (f:anita/mistar)

Sementara itu, menurutnya lagi sudah mulai ada kenaikan permintaan pembelian baju baru untuk Lebaran terutama permintaan pakaian gamis untuk dikenakan di Hari Idulfitri.

“Paling banyak permintaan baju gamis atau pakaian muslim sekitar 20%. Selebihnya pakaian biasa seperti blouse atau tunik. Ada juga rok atau celana. Macamlah,” ungkapnya.

Sama seperti yang dikatakan Sri, salah satu pedagang khusus gamis yang masih di kawasan Pusat Pasar Medan mengatakan pengunjung sudah ramai sepekan ini. Menurutnya tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Jauh lebih baiklah dari masa pandemi Covid-19. Tapi daya beli masih kurang. Biasa banyak yang borong tapi kali ini masih biasa aja,” ujarnya.

Terpisah, amatan di Pusat Perbelanjaan Modern atau mall juga dipadati pengunjung yang tampak sibuk memilih baju, celana dan juga sendal.

Di Medan Mall setiap store menawarkan berbagai diskon mulai dari 20% hingga 50% untuk produk-produk tertentu. Begitu juga dengan sendal atau sepatu menawarkan diskon mulai dari 10%.

Sementara itu, di Plaza Medan Fair dan di Sun Plaza Medan juga tampak dipadati oleh pengunjung. Selain pengunjung yang membeli kebutuhan untuk hari lebaran pengunjung lain yang mengisi waktu di weekend juga tampak ramai mengisi mall ini.

Baca juga:Libur Perayaan Paskah, Pasar Tradisional Dwikora Terpantau Sepi

Menurut, Marcomm Plaza Medan Fair Lenny Yun Manalu, di Medan ada kenaikan pengunjung hingga 90% dari hari biasa.

“Artinya ada kenaikan dratis bila dibandingkan pada masa Pandemi lalu. Kebanyakan para pengunjung datang ke mall ini hendak berbelanja kebutuhan lebaran seperti pakaian, sendal, sepatu, tas atau juga sambil berbuka puasa dengan keluarga atau teman-teman,” jelasnya.

Ditambahkannya, para pengunjung yang datang ke mall sudah tidak ada lagi kewajiban memakai masker, hanya saja sifatnya anjuran. Dan, masih banyak warga yang tetap menggunakan maskernya karena telah terbiasa. (anita/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles