20.4 C
New York
Sunday, June 2, 2024

Mencegah Dehidrasi di Arab Saudi, Jemaah Calhaj Harus Tahu Cara ini

Medan, MISTAR.ID

Jemaah calon haji (calhaj) sering mengalami dehidrasi akibat suhu ekstrim selama di Arab Saudi. Dehidrasi bisa menyebabkan segala macam penyakit.

Maka, jemaah calhaj harus tahu cara mencegah dehidrasi selama menjalankan ibadah fisik ini. Adapun gejala dehidrasi yakni mudah lelah, mengantuk, pusing, kram otot dan menurunnya konsentrasi.

Apabila jemaah mengalami dehidrasi maka terjadi elektrolit dan pengentalan darah sehingga darah tidak bisa dialirkan ke organ tubuh dan akan memperberat penyakit yang sudah dimiliki seperti darah tinggi atau kencing manis atau diabetes.

Baca juga : Arab Saudi Dilanda Panas Ekstrem, Jemaah Haji Diminta Waspadai Heat Stroke

Adapun tips untuk mencegah dehidrasi ini dikatakan Kasi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Sumut, dr Nora Nasution harus perbanyak minum.

“Jemaah wajib minum air mineral atau air zam-zam tidak menunggu haus. Hindari paparan langsung dengan matahari, gunakan payung/topi, basahi kulit dengan menyemprotkan air bisa menghindari sengatan panas. Hindari kelelahan perhatikan kecukupan cairan dengan cara melihat warna urin,” kata Nora yang juga salah satu tim kesehatan di Embarkasi Medan, Senin (27/5/24).

Pada jemaah juga diminta selalu gunakan APD mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki.

“Jangan pula menahan kencing. Selalu minum 240 ml air per jam. Kemudian bisa campurkan oralit di dalam 600 ml air dan dihabiskan dalam waktu 3 jam bisa diulang 2 atau 3 kali,” ujarnya.

Related Articles

Latest Articles