17.6 C
New York
Monday, May 6, 2024

Memasuki Ramadhan, Umat Muslim Mulai Melakukan Ziarah Kubur

Medan, MISTAR.ID

Sepekan jelang Ramadhan, umat muslim mulai melakukan ziarah kubur, Selasa (6/4/21). Tradisi seperti ini menghiasi tempat-tempat pemakaman umum, sebagai bagian untuk mengirimkan doa kepada anggota keluarga yang sudah tiada.

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muslim Mandailing di Jalan Brigjen Katamso Medan, misalnya. Para peziarah mulai berdatangan sejak pagi hingga siang, memadati lokasi pemakaman yang berada tak jauh dari persimpangan Katamso-Juanda tersebut.

Biasanya, sore hari menjadi pilihan waktu yang tepat masyarakat untuk melakukan ziarah kubur. Selain terhindar dari teriknya matahari, aktivitas ziarah dilakukan sore hari setelah pulang bekerja.

Baca juga: Menjelang Ramadhan di Siantar, Harga Daging Ayam dan Ikan Bersaing Turun

Saat berziarah, warga membawa bunga dan air mawar. Membersihkan makam dari sampah menjadi bagian utama saat ziarah makam. Kemudian mereka memanjatkan doa dan menabur bunga di atas makam leluhur.

“Hampir setiap tahun jelang Ramadhan kita pasti berziarah ke makam kakek,” kata Nurul Zannah. Dia mengatakan, warga yang melaksanakan ziarah ke TPU Mandailing di lebaran tahun 2021 tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 dan sejumlah larangan yang diterapkan pemerintah membuat sebagian warga, mungkin memanjatkan doa dari rumah.

“Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga warga bisa kembali beraktivitas seperti biasa,” katanya. Sementara itu, Sofianidar Siregar mengaku Ramadhan tahun ini menjadi kali pertama dia ziarah ke makam orang tuanya, setelah sang Ayah meninggal pada pertengahan Oktober 2020 lalu. “Memanjatkan doa semoga ayah tenang di sana,” harapnya.

Baca juga: Bulog Sumut: Stok Pangan Aman Menjelang Ramadhan 1442 H

Sekadar informasi, umat muslim di Indonesia diperkirakan akan mulai berpuasa pada 13 April 2021 mendatang. Jelang Ramadhan serta beberapa hari pelaksanaan Idul Fitri, masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan untuk ziarah kubur.

Hal ini biasa dilakukan berbarengan dengan saat mudik. Biasanya ziarah juga dilakukan sambil napak tilas berkeliling tempat-tempat yang menyimpan kenangan masa kecil.

Praktik mengunjungi pemakaman sebenarnya tidak hanya dilakukan di Indonesia. Hampir seluruh kebudayaan di dunia memiliki ritual untuk menghormati leluhur yang telah meninggal, diiringi dengan pemanjatan doa serta praktik lainnya. (ial/hm09)

Related Articles

Latest Articles