24.3 C
New York
Saturday, August 3, 2024

Medan Rawan Kecelakaan, Kakorlantas Polri Ajak Warga Tertib Berlalu Lintas

Medan, MISTAR.ID

Korlantas Polri mengajak warga Provinsi Sumatera Utara (Sumut), khususnya Kota Medan tertib berlalu lintas untuk mengurangi angka kecelakaan.

Pasalnya, Kota Medan peringkat ketujuh se-Indonesia tertinggi angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) yang menelan korban jiwa maupun luka.

“Medan menjadi ranking ke-7 seluruh Indonesia. Dari data kita, setiap 3 jam ada menelan korban akibat terjadi lakalantas. Artinya ada kepala rumah tangga yang meninggal dunia. Jadi Medan menjadi salah satu sasaran kita,” ucap Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan usai menghadiri Gebyar Keselamatan 2024 di Lapangan Astaka Medan, pada Sabtu (3/8/24) siang.

Baca juga:Kakorlantas Polri: Masyarakat Boleh Mengambil Kembali Kendaraan yang Disita

Dengan kegiatan Gebyar Keselamatan 2024 di Kota Medan ini, pihaknya bersama forum lintas sudah mendapat data-data lokasi yang rawan kecelakaan beserta pelanggaran yang sering terjadi. “Ini nanti akan kita evaluasi dengan forum lintas di Sumut,” ujar Aan.

Lanjut Aan, Medan merupakan kota yang kelima diadakannya Gebyar Keselamatan ini. Kegiatan ini dilakukan karena meningkatnya angka kecelakaan belakangan ini.

“Tahun 2022 ada 152 ribu lebih laka lantas dan  27 ribu lebih korban,” jelas dia.

“Berangkat dari situ kita bergerak melakukan perubahan melakukan Gebyar Keselamatan untuk mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia betapa pentingnya keselamatan lalu lintas (lalin) ini,” tambahnya.

Baca juga:Jelang Event PON Aceh-Sumut, Korlantas Polri Cek Kesiapan Stadion Utama

Lanjut Aan, selain kehilangan nyawa, lakalantas juga menelan kerugian ekonomi, dan berpotensi munculnya kemiskinan yang baru. “Karena paling besar korban lakalantas adalah kaum pria yang merupakan tulung punggung keluarga,” paparnya.

Untuk itu, ia mengajak kepada seluruh masyarakat tertib berlalu lintas guna menekan angka kecelakaan. “Mari kita semarakkan dan sosialisasikan edukasi kepada masyarakat tentang tertib lalin. Karena kecelakaan didasari dari pelanggaran lalin,” tutup Aan.

Penjabat (Pj Gubernur), Agus Fatoni mengatakan, dengan kegiatan Gebyar Keselamatan 2024 ini, dapat meningkatkan tertib berlalu lintas.

“Di momen yang baik ini mari kita tingkatkan keselamatan dan tertib berlalu lintas. Dan mari kita jaga Provinsi Sumut ini. Disiplin lalin dan taati aturan. Ingat keluarga menunggu kita di rumah,” sebutnya. (saut/hm16)

Related Articles

Latest Articles