19 C
New York
Monday, May 27, 2024

Medan Perketat Pintu Masuk Pasca Ditemukannya Pasien Varian Omicron

Medan, MISTAR.ID

Bobby Nasution mengaku akan melakukan pengawasan di pintu masuk Kota Medan dan melakukan tes swab antigen untuk pendatang maupun warga Medan yang berasal dari luar daerah. Hal tersebut disamopaikan Wali Kota Medan pasca ditemukannya satu orang pasien Covid-19 varian Omicron.

“Pengawasan dan pemantauan akan kita ketatkan lagi. Seperti antisipasi varian Delta kemarin kita mengeluarkan kebijakan bagi seluruh warga yang masuk ke Medan harus diswab terlebih dahulu. Tapi masih saya pastikan dulu apakah itu masih berjalan atau tidak,” pungkas menantu Presiden Joko Widodo ini.

Mendapat informasi adanya warga negara asing (WNA) diduga terpapar covid-19 varian Omicron, Wali Kota Medan Bobby Nasution mendatangi RSU Royal Prima Medan, Rabu (5/1/22).

Baca juga:Kasus Omicron di Indonesia Bertambah Jadi 254, Ini Gejalanya

Sesampainya di sana, orang nomor satu di Pemko Medan ini pun meminta petugas untuk memastikan penelusuran kontak erat (tracing) dan testing pasien asal Inggris tersebut. Saat ini, spesimen pasien tersebut juga tengah diperiksa di Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbang) di Jakarta untuk mengetahui secara detil varian virus yang menjangkitinya.

“Kontak eratnya tentunya yang paling bisa kita lakukan adalah karena ini pesawat cargo, maka kontak eratnya pasti kru yang lain. Tapi kemarin tes PCR hanya dia saja yang positif. Kemudian di Hotel Horison juga sudah ditracing hasilnya negatif semua,” ujar Bobby Nasution.

Baca juga:Warga Medan Positif Omicron, Dinkes Sumut Lakukan Tracing

Bobby memastikan, saat ini kondisi pasien tersebut tidak memiliki gejala apapun dan tengah dirawat di Rumah Sakit Royal Prima Medan. “Kondisi pasien saat ini sehat dan Orang Tanpa Gejala (OTG) tidak ada gejala,” katanya. (Rahmad/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles