26.5 C
New York
Sunday, June 16, 2024

Terungkap Penyebab PDIP Belum Tentukan Posisi Politiknya

Jakarta, MISTAR.ID

Ada sejumlah pertimbangan yang menyebabkan PDI Perjuangan belum menentukan posisi politik di dalam atau di luar pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat rapat kerja nasional (rakernas) ke-V.

Ketua Organizing Committee (OC) Rakernas V PDIP, Masinton Pasaribu menuturkan, partai mereka masih menantikan Presiden terpilih dilantik hingga kabinetnya terbentuk.

Awalnya Masinton ngomong perihal di dalam atau di luar pemerintahan adalah keputusan yang bersifat strategis. Sebab itu, dia mengatakan, bakal ditetapkan dalam kongres partai.

Baca juga:Megawati Sebut Dirinya Provokator Demi Keadilan di Rakernas PDIP

“Posisi politik PDIP pada pemerintahan mendatang adalah hal yang bersifat strategis dan selama ini sering diputuskan dalam kongres partai,” paparnya, pada Senin (27/5/24).

Masinton menyatakan, Ketua Umum (Ketum) nya, Megawati Soekarnoputri berpendapat politik merupakan seni bernegara. Karenanya, semua keputusan harus dipertimbangkan secara rasional.

“Politik merupakan seni yang melibatkan proses pengambilan keputusan yang mempengaruhi bagaimana suatu negara atau pemerintahan berikutnya dijalankan,” imbuhnya.

Dia juga mengungkap, partai berlambang banteng itu belum mengambil keputusan sebab Presiden terpilih belum dilantik. Selain itu, pemerintahannya juga belum terbentuk.

Baca juga:Tak Diundang Rakernas PDIP, Jokowi Berkegiatan di Istana Yogyakarta

“Presiden terpilih belum dilantik (definitif) dan pemerintahannya juga belum terbentuk,” imbuhnya.

Sebelumnya, Megawati menilai sikap politik partai yang dipimpinya terkait pemerintahan ke depan perlu perhitungan. Ini diutarakan kala pidato penutupan Rakernas V PDIP di Beach International Stadium, Ancol, Jakarta, pada Minggu (26/5/24).

Megawati berpendapat, banyak pihak yang menantikan sikap politik PDIP di dalam atau luar pemerintah. Dia menyebut, bakal ‘memainkan dulu’ soal sikap politik itu. (dtk/hm16)

Related Articles

Latest Articles