22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Medan Belawan Raih Juara Umum MTQ ke-55 Tingkat Kota Medan

Medan, MISTAR.ID

Seminggu perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-55 Kota Medan digelar, Kecamatan Medan Belawan akhirnya berhasil menyabet Juara Umum dengan total jilai 117.

Piala bergilir tersebut diserahkan langsung Wali Kota Medan Bobby Nasution kepada Camat Medan Belawan Subhan Fahri Harahap, sekaligus menutup perhelatan MTQ ke-55 ini di Gedung OB Sya’af Lantamal I Belawan, Jumat (25/2/22).

Selanjutnya, Bobby pun menyerahkan pataka MTQ kepada Camat Medan Baru selaku tuan rumah MTQ ke-56 tingkat Kota Medan tahun 2023 mendatang.

Dalam sambutannya, Bobby pun mengucapkan selamat pada pemenang MTQ ke-55 tingkat Kota Medan tersebut. Dirinya pun berharap pada remaja yang sudah juara agar memanfaatkan fasilitas masuk ke perguruan tinggi serta menjadi Anggota TNI AD seperti yang telah dijanjikan.

Baca Juga:MTQ Ke 48 Kabupaten Simalungun 2022 Resmi Dibuka

“Seperti janji saya, adik-adik bisa memilih masuk perguruan tinggi USU, UINSU, Panca Budi maupun menjadi prajurit TNI AD. Saya berharap fasilitas ini digunakan dengan baik,” ucap Bobby.

Selain itu, Bobby juga berharap para pemenang dapat terus mengamalkan nilai-nilai Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. “MTQ ini juga menyadarkan kita untuk ingat apa yang harus kita lakukan dan kita jauhkan,” pungkas orang nomor satu di Pemko Medan ini.

Sebelumnya, Asisten Administrasi Umum Renward Parapat dalam laporanya mengatakan, MTQ ke-55 tingkat Kota Medan telah berjalan dengan lancar dan sukses. Para peserta merupakan utusan dari setiap Kecamatan dan Madrasah baik negeri maupun swasta.

Baca Juga:Meski Pandemi, Kualitas dan Kuantitas Peserta MTQ Kota Medan Terus Meningkat

“Khusus juara satu cabang Mujawwad dewasa putra/putri, juara 1 Tahfiz 30 juz putra/putri dan juara 1 Tafsir Bahasa Arab putra/putri mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp25 juta,” kata Renward Parapat.

Diketahui, pemenang dari setiap cabang yang diperlombakan akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan dengan rincian juara 1 mendapat Rp5 juta, juara 2 mendapat Rp4 juta, juara 3 mendapat Rp3 juta, juara harapan 1 mendapat Rp2,5 juta, harapan 2 mendapat Rp2 juta dan harapan 3 mendapat Rp1,5 juta.

Penutupan MTQ ke 55 tingkat Kota medan ini turut dihadiri Komandan Lantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, Dandim 0201 Medan Letkol Inf Ferry Muzawwad, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Faisal Rahmat, Kajari Medan T Rahmadsyah, Kakan Kemenag Kota Medan Impun Siregar, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman dan Pimpinan OPD serta Camat se-Kota Medan.(rahmad/hm10)

Related Articles

Latest Articles