18.6 C
New York
Wednesday, October 2, 2024

Masyarakat Diminta Bijak Hadapi Kenaikan Harga di Akhir Tahun

Medan, MISTAR.ID

Jelang akhir tahun, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin mengimbau masyarakat untuk bijak dalam menghadapi kenaikan harga barang, termasuk sembako.

Saat diwawancarai Mistar, Jumat (15/12/23), Hassanudin menyampaikan bahwa harga-harga barang, termasuk emas, mengalami kenaikan sebagai respons terhadap momentum perayaan hari besar Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Inflasi Sumut sudah mencapai 3,46, di atas rata-rata nasional yang sekarang di angka 2,5. Kenaikan harga barang, termasuk emas, menjadi faktor utama. Oleh karena itu, kita perlu kampanyekan bahwa yang diutamakan dalam belanja adalah kebutuhan, bukan keinginan. Saya sudah sampaikan kepada rekan-rekan bupati dan walikota untuk melakukan intervensi harga barang di pasar,” ujarnya.

Baca Juga : Cegah Inflasi saat Nataru, Aulia Rachman Minta PUD Pasar Medan Intens Pantau Harga Pasar

Pj Gubernur menekankan pentingnya mitigasi untuk menjaga stabilitas ekonomi di tengah kenaikan harga menjelang akhir tahun.

“Walaupun kita sudah antisipasi, perlu siasat lebih lanjut untuk mempertahankan stabilitas ini. Kenaikan harga tiket pesawat juga mempengaruhi, dan kami senang dengan pertumbuhan ekonomi, tetapi kita harus waspada terhadap dampak inflasi,” tambahnya.

Hassanudin berterima kasih kepada masyarakat yang diimbau untuk bijak dalam berbelanja. “Terima kasih atas respons positif masyarakat terhadap imbauan kami. Semoga dengan langkah ini, kita bisa menjaga stabilitas ekonomi di Sumut,” pungkasnya. (hutajulu/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles