8.7 C
New York
Wednesday, October 16, 2024

LPKA Medan Studi Tiru ke Lapas Tanjung Gusta Soal Pengelolaan Dapur Sehat

Medan, MISTAR.ID

Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Medan melakukan studi tiru ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tanjung Gusta Medan terkait pengelolaan dapur sehat. Dalam studi tiru tersebut, petugas Lapas Medan memperkenalkan konsep dapur sehat yang berfokus pada penyediaan makanan bergizi dan layak untuk dikonsumsi oleh para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kegiatan studi tiru ini juga dikemas dengan diskusi mendalam mengenai operasional dapur, termasuk bagaimana pengelolaan bahan baku, kebersihan, hingga pengawasan gizi dilakukan secara ketat.

Hal ini rupanya menarik minat LPKA yang sedang mencari referensi untuk mengimplementasikan program serupa khususnya dalam meningkatkan kualitas pembinaan bagi anak-anak yang berada di bawah pengawasan LPKA.

Kepala Lapas Kelas I Medan melalui Kepala Seksi Perawatan, Amran, mengatakan bahwa dapur sehat menjadi bagian dari komitmen Lapas Medan dalam meningkatkan kualitas layanan pemasyarakatan.

“Kami ingin memastikan bahwa para WBP mendapatkan asupan yang bergizi sesuai standar kesehatan dan ini merupakan upaya konkret (kami) dalam mewujudkan pemasyarakatan yang lebih manusiawi,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Mistar, Rabu (16/10/24).

Baca Juga : Warga Binaan Lapas Tanjung Gusta Medan Budidaya Tanaman Bonsai

Amran berharap studi tiru ini dapat menjadi awal dari kerja sama intensif antara Lapas Medan dengan LPKA dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan pembinaan terhadap para WBP.

“Kegiatan ini juga menjadi bukti nyata bahwa inovasi yang dihadirkan Lapas Medan dapat memberikan dampak positif bagi WBP. Selain itu, juga menjadi inspirasi bagi Lapas di Indonesia lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Subseksi Layanan Kesehatan LPKA, Uli Helena Trisna Dewi, mengungkapkan bahwa pihaknya kagum terhadap sistem dapur sehat yang diterapkan oleh pihak Lapas Medan.

“Kami melihat bahwa inovasi dapur sehat ini bisa menjadi contoh yang baik dalam mewujudkan lingkungan yang mendukung pembinaan, tak hanya dari aspek fisik, tetapi juga mental dan sosial,” ucapnya. (deddy/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles