27.8 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Larangan Latihan di Taman Budaya, Disdikbud: Tidak Dilarang, Tapi Ada Aturannya

Medan, MISTAR.ID

Sempat beredar isu tidak diizinkannya seniman latihan di dalam Taman Budaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Medan selaku OPD pengelola menegaskan bahwa hal tersebut tidak benar.

Mereka menyebut, semua orang termasuk seniman lokal boleh memanfaatkan fasilitas di Taman Budaya untuk latihan, namun ada aturan yang harus dipatuhi.

“Jadi, dulu itu seniman bisa latihan di sana sampai larut malam. Namun sekarang ada aturan baru, latihan hanya diperbolehkan sampai pukul pukul 20.00 WIB. Kalau dibilang tidak diperbolehkan, saya rasa itu tidak benar,” tegas Kabid Kebudayaan Kota Medan, OK Zulfani Anhar saat dikonfirmasi Mistar, Rabu (10/7/24).

Baca juga: Pembatasan Aktivitas di Taman Budaya Medan, Para Seniman Latihan di Trotoar

Dikatakan OK, untuk latihan di Taman Budaya, pihaknya juga menyarankan kepada para seniman agar menyampaikan surat terlebih dahulu ke Disdikbud Kota Medan.

“Kenapa kita minta memasukkan surat dulu, hal ini agar tidak berbenturan dengan seniman lainnya. Belajar dari yang lalu-lalu, ini sering terjadi dan memicu keributan. Makanya kita minta masukkan dulu surat agar diatur waktunya,” katanya.

Terkait adanya dugaan pungutan liar (pungli), OK pun menegaskan bahwa semua izin latihan di Taman Budaya gratis.

Baca juga: ‘Palang Besi’ Taman Budaya Medan, Ruang Seniman Hilang

“Tidak ada dipungut biaya, cuma ya tetap harus ada aturan main, tidak bisa sampai larut malam, karena petugas kita bertugas cuma pukul 18.00 WIB, kalau malam tinggal security aja disana,” jelasnya.

Soal kelonggaran waktu pemakaian, OK menyebut bahwa hal itu juga bisa dilakukan jika ada event besar yang dikerjakan seniman.

“Event besar kita kasih kelonggaran lah, tapi kalau hanya sekedar latihan, saya rasa sudah pas kalau sampai pukul 20.00 WIB,” pungkasnya. (rahmad/hm25)

Related Articles

Latest Articles