19.5 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Kuliah Tatap Muka Belum Diizinkan, USU Pastikan UKT Tidak Naik

Medan, MISTAR.ID

Universitas Sumatera Utara (USU) memastikan tidak ada kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tahun akademik 2021/2022. Hal itupun sudah menjadi keputusan dan kebijakan dari Pemerintah Pusat.

Rektor USU Dr Muryanto Amin, Senin (5/7/21) mengatakan, USU masih akan melakukan skema UKT bagi mahasiswa baru yang masuk melalui jalur mandiri pada tahun ini.

“Tahun ini belum bisa diberlakukan UKT bagi mahasiswa jalur Mandiri karena peraturan Rektor belum dibuat. Selain itu, kita akan melihat dulu apa yang dilakukan teman-teman di PTN lainnya tentang skema UKT bagi mahasiswa jalur Mandiri. Kabarnya UGM dan ITB sudah membuat skema beasiswa dan UKT mahasiswa jalur Mandiri,” ujarnya.

Baca juga: Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri Dapat Keringanan Uang Kuliah dari Kemenag

Muryanto mengatakan, untuk aktivitas kuliah tetap muka USU masih menunggu arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan-Riset Dikti. Tapi, jelas dia, pihaknya sudah menyiapkan fasilitas perkuliahan di luar jaringan atau luring.

“Formatnya kita siapkan 50 : 50. Artinya 50 persen belajar di kelas dan 50 persen belajar daring,” sebut mantan Dekan FISIP USU tersebut.

Muryanto menjelaskan, hingga saat ini Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Satgas Covid-19 Sumut belum ada merekomendasikan kepada USU diperbolehkannya perkuliahan tatap muka hingga waktu yang belum ditentukan.

Baca juga: Uang Kuliah Naik, #MendikbudDicariMahasiswa Jadi Topik Populer

“Kita tetap mengikuti kebijakan Pemerintah Provinsi Sumut. Selama Tim Satgas Covid-19 belum membolehkan kuliah tatap muka, USU akan mengikutinya. Semula dijadwalkan kuliah tatap muka mulai Agustus, tapi berdasarkan kebijakan Satgas Covid-19 Sumut, kuliah tatap muka belum boleh dilakukan,” ungkapnya.

9.863 Ikuti SMM dan SPMPD

Sementara itu, sebanyak 9.863 peserta melaksanakan ujian Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM) dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD) USU tahun akademik 2021/2022, dengan kouta yang diambil 3.391 mahasiswa.

“Untuk daya tampung jalur Mandiri USU ada 2.696 orang dan Program Diploma 1.235 orang mahasiswa baru,” sebut Muryanto.

Hasil ujian SMM akan diumumkan pada tanggal 17 Juli mendatang. Sedangkan hasil ujian SPMPD akan diumumkan pada 22 Juli 2021. Pengumuman dapat dilihat melalui laman https://seleksi.usu.ac.id dan https://usu.ac.id. (ial/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles