11.6 C
New York
Monday, May 6, 2024

Kompolnas Segera Surati Polda Sumut Terkait Dugaan Kasus Kapolres Dairi Aniaya Anggota

Medan MISTAR.ID

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) berjanji dalam waktu dekat akan menyurati, Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut), terkait kasus dugaan Kapolres Dairi diduga pukuli Anggotanya.

Hal itu dikatakan oleh Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poengky Indarty, kepada mistar.id Selasa (29/8/23) via WhatsApp.

“Kompolnas akan mengirimkan surat klarifikasi ke Polda Sumatera Utara terkait hal tersebut,” kata dia.

Saat ditanya terkait tindakan disiplin fisik yang terjadi di dalam institusi Polri, apakah hal tersebut dapat dibenarkan. Kata Poengky, untuk menjadi polisi yang humanis, memang tindakan penghukuman fisik perlu ditinggalkan.

Baca juga: Kapolres Dairi Diduga Aniaya Anggota, Ini Tanggapan Polda Sumut

“Sebaiknya gunakan hukuman yang mendidik, ajak bicara, tegur dengan menghormati anggota layaknya sesama manusia,” kata dia.

Praktek hukuman fisik dikhawatirkan akan dipraktekkan juga kepada masyarakat umum, terutama terhadap tersangka atau tahanan kepolisian.

“Jika benar ada tindak kekerasan yang diduga dilakukan Kapolres Dairi kepada anggotanya. Bid Propam Polda Sumatera Utara harus langsung sigap menangani hal ini,” tegasnya lagi. (Matius/hm20)

Related Articles

Latest Articles