11.7 C
New York
Tuesday, April 23, 2024

KLB Malaria di Nisel, Dinkes Sumut Turunkan Tim

Medan, MISTAR.ID

Dalam rangka Penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB) kasus malaria di Pulau Simuk Kabupaten Nias Selatan, Tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) telah turun langsung meninjau KLB tersebut. Sekaligus untuk melakukan eliminasi malaria serentak di 5 Kabupaten pada tahun 2023.

Menurut Kasi Pengendalian Pencegahan Penyakit (P2P), dr Nora Nasution, dari 5 kabupaten yang berhasil eliminasi masih dua kabupaten yakni Gunungsitoli dan Nias Induk.

“Tiga lainnya seperti di Nias Selatan, Nias Barat dan Nias Utara masih ditemukan kasus malaria,” sebut Nora pada wartawan, Selasa (23/4/24).

Baca juga : Dinkes Sumut Dorong 10 Kabupaten/Kota di Sumut untuk Eliminasi Malaria

Jadi, lanjutnya untuk kasus di Nias Selatan ini, menurutnya, sangat mudah ditanggulangi. Karena Nias Selatan paling besar wilayah, tetapi hanya terfokus pada pulau Telo, jadi lebih mudah membasminya.

“Adapun jumlah kasus di Nias khususnya Pulau Simuk tercatat ada sebanyak 64 kasus dalam pengobatan, yang meninggal dunia sebanyak 6 orang, dalam periode 20 Februari – 12 April 2024. Sedangkan di Pulau Telo kasus terdeteksi sebanyak 126 pasien,” katanya.

Sehingga saat ini tim dari Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Sumut sudah turun langsung ke Pulau Simuk, dalam rangka peninjauan dan penanggulangan KLB di pulau tersebut.

Related Articles

Latest Articles