15.9 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Ketua DPRD Sumut Belum Serahkan Nama-Nama KPID yang Terpilih ke Gubernur

Medan, MISTAR.ID

Hingga saat ini, Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) Baskami Ginting masih belum menyerahkan nama-nama calon KPID Sumut 2021-2024 yang terpilih ke Gubernur Sumut.

Padahal rencana untuk menyerahkan 7 nama yang terpilih tersebut sudah santer terdengar sejak bulan Ramadhan kemarin. Namun hingga saat ini menurut Baskami masih dalam proses.

“Masih dalam proses. Sudah masuk dalam rapat komisi,” sebutnya singkat, Rabu (11/5/22).

Baca juga:Ini 5 Biang Kerok Dalam LAHP Pemilihan KPID Sumut

Sebelumnya, kuasa hukum 8 calon komisioner KPID Sumut periode 2021-2024, Ranto Sibarani menilai apabila 7 nama-nama terpilih itu dikirim ke Gubernur maka Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting gagal menjaga kewibawaan PDI Perjuangan.

“Bukan bermaksud untuk mencampuri urusan internal partai, namun Ranto mengungkapkan lantaran Baskami gagal dalam membangun komunikasi politik dengan empat pimpinan DPRD lainnya guna menyelesaikan kisruh pemilihan komisioner KPID Sumut 2021-2024,” katanya, Kamis (5/5/2022).

Karena, menurut Ranto, Baskami selaku kader PDI Perjuangan yang didudukkan di posisi strategis sebagai ketua DPRD terbukti gagal menjaga marwah partai. Baskami sendiri terlihat tak punya wibawa di level pimpinan dalam mempertahankan kehormatan surat Fraksi PDI Perjuangan yang ditujukan kepada dirinya.

“Surat itu amanah yang dititipkan fraksi. Apa pernah dia bikin konferensi pers merespons kisruh pemilihan KPID. Janjinya saat audiensi dengan calon-calon komisioner yang menggugat tidak akan meneken penetapan sebelum kisruh benar-benar tuntas. Mana pula itu. LAHP dan surat monitoring Ombudsman yang jelas-jelas di depan mata saja dikadalin,” tegasnya.

Baca juga:Terkait Kisruh KPID, Ketua DPRD Sumut Dinilai Gagal Jaga Wibawa PDIP

Seperti diketahui, Ombudsman RI Perwakilan Sumut juga secara resmi menyurati Ketua DPRD Sumut untuk memonitor pelaksanaan LAHP atas maladministrasi yang terjadi dalam proses fit dan proper test pemilihan komisioner KPID Sumut. (anita/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles