11.6 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Ketua APPSI: Kebutuhan Pedagang Pasar Harus Ditingkatkan

Medan | MISTAR.ID

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Muhammad Husni mengatakan, untuk memulihkan ekonomi khususnya di wilayah Medan, maka kebutuhan para pedagang pasar harus ditingkatkan.

Ketua APPSI yang baru saja dilantik itu juga mengatakan, peningkatan kebutuhan pedagang ini bisa melalui penguatan secara ekonomi, baik itu simpan pinjam maupun pengembangan pendampingan. “Dengan demikian kebutuhan para pedagang dapat dipenuhi dan ekonomi di Sumut juga dapat meningkat nantinya,” terang Kadis Pertamanan dan Kebersihan Kota Medan saat resmi dilantik akhir pekan ini.

Husni sapaan akrabnya dalam waktu dekat ini juga akan melakukan konsolidasi dengan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) APPSI se-Sumut. Adapun target untuk tahun 2020 adalah bagaimana agar semua DPD membentuk sebuah tingkatan di Sumut.

Baca Juga:Petani Kopi dan Pedagang Mengeluh di Samosir, Ini Pemicunya

“Kita juga akan menghimpun data base pedagang yang ada di Sumut. Dengan data base itu nantinya akan melakukan peningkatan derajat dan martabat para pedagang pasar. Langkah selanjutnya adalah membangun kerja sama yang baik dengan pemerintah. Baik dengan pemerintah provinsi ataupun APPSI daerah di tingkat kabupaten kota,” jelasnya.

Adapun langkah-langkah tersebut, lanjut Husni bertujuan agar terjadi sinergi dalam membangun persepsi ekonomi untuk pedagang pasar yang satu muara. “Sebab tahun 2021 mendatang, saya optimistis transaksi ekonomi para pedagang pasar kembali normal bahkan meningkat. Maka hal ini perlu dibangun karena harus selalu berharap dan yakin pandemi Covid-19 ini segera berakhir,” sebutnya.

Terkhusus di masa pandemi Covid-19, Husni tidak lupa mengimbau masyarakat, khususnya pedagang untuk selalu menggunakan masker selama beraktivitas di luar rumah, terkhusus di pasar. Serta selalu mencuci tangan usai melakukan transaksi jual beli.

Baca Juga:Awal November Kebutuhan Pokok Merangkak Naik, Cabai Merah Tembus Rp44 Ribu per-Kg

“Hal lain yang tak boleh lupa ialah melakukan upaya peningkatan daya tahan tubuh dengan minum vitamin. Kemudian tetap happy dan tetap semangat agar pedagang sehat dan daya saingnya juga meningkat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Sumut Riadil Akhir Lubis mengatakan, pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus APPSI Sumut yang baru. Ia sangat berharap APPSI Sumut di bawah kepemimpinan Muhammad Husni dapat membantu pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara, terkhusus di masa pandemi Covid-19. “Pedagang dan pasar itu tidak dapat kita pisahkan. Di satu sisi kita harapkan cara berdagang yang baik, jujur, dan timbangan jangan dikurangi,” terangnya.

Ia juga menegaskan agar pasar yang sudah disediakan oleh pemerintah dapat dijaga dengan baik. Bahkan ia berharap agar pasar-pasar tradisional yang ada di Sumut mendapat sertifikat ISO. Dengan sertifikat ISO maka pasar akan terjamin kebersihan, kenyamanan, dan sanitasinya. Semua hal tersebut dapat menjadikan pasar di Sumatera Utara berkembang lebih baik lagi. (anita/hm12)

Related Articles

Latest Articles