15.2 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Kereta Medan-Siantar Sudah Normal

Medan | MISTAR.ID – Jadwal perjalan kereta api jurusan Medan-Siantar dan sebaliknya sudah kembali normal, terhitung mulai Rabu (18/12) pagi. Sebelumnya, jadwal perjalan kereta api di relasi tersebut dibatalkan sejak Senin (16/12) kemarin sebagai dampak banjir dan longsor di kawasan Tebingtinggi.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia Divre I Sumatera Utara, M Ilud Siregar mengatakan, sebelumnya kereta api Siantar Ekspres yang melayani rute Medan-Siantar dan sebaliknya terpaksa tak dioperasikan karena bencana banjir di Tebingtinggi sejak hari Minggu kemarin.

“Saat ini, KA Siantar Ekspres sudah bisa beroperasi kembali,” katanya.

Pengoperasian kereta api itu dimulai dengan keberangkatan dari Stasiun Siantar pada pukul 07.30 Wib, kemuduan disusul dengan keberangkatan kereta api kedua yang melalui jalur tersebut pada pukul 08.47 Wib.

Ilud mengatakan perlintasan yang mengalami masalah berada di jalur KM 05 + 1/2 , KM 03+700 dan KM 06 + 100 di Jalan Baja lingge-Tebing. Di perlintasan itu tergenang air dan tertimbun longsoran tanah.

Lalau kata Ilud pihak kereta api bersama Balai Yasa Pulu Brayan Bengkel dan Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Utara melakukan normalisasi dengan menggunakan alat berat. “Penanganan 2 × 24 jam untuk melakukan normalisasi jalur KA tersebut,” ujar Ilud.

Selain kereta penumpang, pembatalan perjalanan juga berlaku untuk kereta barang yang mengangkut BBM dan CPO, yakni KA U970, KA 2802 isi BBM relasi Labuhan-Siantar, KA L 2802-3 relasi Siantar-Dolok Merangir isi CPO, KA R 2802 relasi Dolok Merangir-Siantar dan KA 2801 angkutan BBM kosongan relasi Siantar-Labuhan.

“Saat ini semua sudah beroperasi normal. Kami, PT KAI mohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul karena masalah ini,” pungkasnya.

Reporter: Daniel Pekuwali
Editor: Luhut Simanjuntak

Related Articles

Latest Articles