23.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Keempat Kalinya, Harimau Mati di Medan Zoo

Medan, MISTAR.ID

Harimau Benggala bernama Wesa mati di Medan Zoo pada Senin (22/1/24) lalu. Kematian harimau di Kebun Bintang Medan ini merupakan kematian yang keempat kalinya.

Bidang Teknis Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Utara, Fifin Nopiansyah membenarkan kabar tersebut. Kematian Wesa, disebutkan Fifin dikarenakan sakit yang sulit disembuhkan.

“Wesa mengalami dibius infausta. Jadi sakitnya sudah kronis,” kata Fifin Nopiansyah, Jumat (26/1/24).

Kemudian, Fifin mengatakan, saat ini kondisi seluruh harimau yang tersisa juga buruk. Terdata sembilan harimau di Medan Zoo. Lima dari harimau merupakan jenis benggala dan empat lainnya harimau Sumatra.

Baca juga: Satu Lagi Harimau Sumatera Mati di Medan Zoo

“Berdasarkan hasil tim medis, kondisi harimau di Medan Zoo kurang baik. Yang sakit hampir semua. Harimau Wesa dan Bintang Sorik jadi harimau yang kondisinya paling parah,” jelasnya.

Sementara itu, Fifin mengakui kondisi harimau yang sakit karena tata kelola kandang dan pakan di Medan Zoo memang buruk, sehingga berdampak pada kondisinya.

“Ditambah lagi, Medan Zoo tidak punya tenaga medis. Tenaga medisnya harus didatangkan dari BKSDA atau PKBSI,” ungkapnya.

Saat ditanya terkait pilihan pemindahan harimau, Fifin mengatakan harus mendapat persetujuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Baca juga: Satu Lagi Harimau Sumatera Mati di Medan Zoo

“Pemindahan itu tergantung LHK. Banyak alternatif. Bisa dirawat di sana atau dipindahkan. Namun, harus sesuai persetujuan tuan rumah,” katanya.

Sejauh ini, BBKSDA dan PKBSI hanya bisa membantu persediaan pakan, obat-obatan dan tenaga medis.

“Kami juga sudah bantu perbaikan ringan. Misalnya lantai di kandang sudah dibersihkan agar tidak lembab. Beberapa yang rusak sudah diperbaiki. PKBSI sudah bantu pakan,” urainya. (Dinda/hm20)

Related Articles

Latest Articles