24 C
New York
Friday, July 5, 2024

Jelang Idul Fitri, Pj Gubernur Sumut Pastikan Stok Pangan Cukup dan Harga Stabil

Medan, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin memastikan stok bahan pangan tercukupi dan harga stabil menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah di wilayah Sumut.

“Alhamdulillah sampai saat ini ketersediaan pangan beserta harganya cukup stabil. Beras, gula putih, minyak, telur masih terkendali stok dan harganya,” ujar Hassanudin saat Apel Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN), pada Senin (1/4/24).

Hassanudin juga mengatakan, akan menyebarluaskan gerakan pangan murah di beberapa Kabupaten dan Kota di Sumut.

Baca juga:Pj Wali Kota Tebing Tinggi Resmikan Gerakan Pangan Murah

“Kita yakinkan semua barang-barang yang dibutuhkan masyarakat tersedia dengan baik. Harga juga terkendali dengan baik, serta kita sebar luaskan pelaksanaan gerakan pangan murah kepada masyarakat,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, Pj Gubernur juga mendatangi kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang menjual beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) kemasan 5 kg, dengan harga Rp 55.000, minyak goreng kemasan 2 liter Rp 35.000, gula pasir Rp 17.000/kg, telur ayam 1 papan Rp 48.000, cabai merah Rp 38.000 per kg, bawang merah Rp 36.000 per kg dan bawang putih Rp 38.000 per kg.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut juga akan mengaktifkan Satuan Tugas (Satgas) Pangan yang berguna untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) pasar ke para distributor, baik pasar modern maupun tradisional dan memastikan tidak adanya penimbunan. (iqbal/hm16)

Related Articles

Latest Articles