18.6 C
New York
Saturday, September 14, 2024

Jalan Rusak Meresahkan, Sejumlah Warga Belawan Gelar Aksi

Medan, MISTAR.ID

Air limbah dari satu perusahaan yang merendam badan Jalan Pelabuhan Raya, Kelurahan Belawan II, Kecamatan Medan Belawan diduga menjadi penyebab kerusakan akses  jalan menuju Pelabuhan Internasional Belawan.

Kerusakan tersebut semakin diperparah oleh drainase yang tidak berfungsi akibat dari pembangunan pintu air yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) yang diawasi oleh pihak Balai Wilayah Sungai (BWS).

Akibat jalan rusak itu, warga yang didominasi ibu-ibu rumah tangga secara spontan turun ke tengah jalan, berteriak-teriak meminta kepada Pj Gubernur Sumut dan wali kota agar melakukan perbaikan.

Baca juga:Nelayan yang Jatuh ke Laut di Belawan Ditemukan Meninggal Dunia

Selain kaum ibu, ada juga tokoh masyarakat Belawan Haji Irfan Hamidi dan Chairil Chaniago dari  elemen masyarakat lainnya. Mereka menyesalkan juga air limbah dari sejumlah perusahaan yang tumpah ke badan jalan.

“Genangan air limbah tersebut mempercepat terjadinya kerusakan badan jalan di sepanjang Jalan Pelabuhan Raya,” ujar salah satu tokoh masyarakat, H Irfan Hamidi pada Sabtu (14/9/24).

Ia juga mengaku telah melihat kondisi drainase sepanjang 150 meter yang tak berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca juga:Banjir Setinggi 3 Meter Rendam 140 Rumah di Serbelawan, Tidak Ada Korban Jiwa

Atas masalah yang dikeluhkan, warga berharap perusahaan swasta, perusahaan BUMN yang beroperasi di Kecamatan Medan Belawan, ikut memberikan perhatian untuk melakukan perbaikan.

Kondisi jalan yang rusak akan mengganggu kelancaran perekonomian dan rentan terjadinya aksi kriminal seperti bajing loncat yang akan menjarah truk-truk yang terhenti saat terjadinya kemacetan akibat jalan rusak.

“Harusnya Pj Gubsu bisa memberikan program kerja dan pembangunan yang terbaik buat masyarakat Belawan sehingga warga masyarakat Belawan tidak datang lagi ke lokasi jalan rusak ini untuk melakukan aksi protes atau aksi unjuk rasa,” pinta H. Irfan Hamidi. (kamaluddin pasaribu/hm17)

Related Articles

Latest Articles