29.3 C
New York
Wednesday, July 17, 2024

Hari Kedua Ops Patuh Toba, Pengendara Tak Pakai Helm Mendominasi Pelanggaran

Medan, MISTAR.ID

Hari kedua pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2024, Selasa (16/7/24), Sat Lantas Polrestabes Medan menindak sebanyak 217 pengendara.

Kasat Lantas Polrestabes Medan, Kompol Andika T Purba, mengatakan dari keseluruhan pelanggaran yang ditindak, mayoritas adalah pengendara yang tidak memakai helm.

“Sebanyak 103 pelanggaran karena pengendara tidak menggunakan helm. Sementara melawan arus sebanyak 47 pelanggaran.

“Ada 103 pelanggaran tidak menggunakan helm. Kebanyakan dari anak sekolah. Melawan arus sebanyak 47 pelanggaran,” jelasnya melalui keterangan tertulis, Rabu (17/7/24).

Baca juga: Hari Kedua Ops Patuh Toba 2024, Polres Sibolga Jaring 20 Kendaraan yang Melanggar

Sedangkan untuk knalpot tidak sesuai standar ada sebanyak 43 pelanggaran. Menerobos lampu merah 7 pelanggaran, berbonceng tiga 1 pelanggaran, melawan marka dan rambu jalan 1 pelanggaran, mengemudi di bawah umur 8 pelanggaran dan overload barang bawaan sebanyak 7 pelanggaran.

“Pelanggaran ini langsung kita tilang di tempat dan ETLE,” lanjut alumni Akpol 2009 itu.

Selain penindakan terhadap pelanggar, petugas juga melakukan edukasi dengan menempelkan stiker imbauan Tertib Lalu Lintas pada kendaraan yang terjaring, serta spanduk di tempat strategis agar masyarakat dapat melihatnya.

“Operasi yang dilaksanakan selama 14 hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas di masyarakat dan menurunkan angka pelanggaran serta kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya. (putra/hm20)

Related Articles

Latest Articles