21.4 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Harga Ikan Segar Mahal di Medan, ini Penjelasan Pedagang

Medan, MISTAR.ID

Harga ikan segar di Kota Medan sejauh ini bertahan mahal bahkan harganya jauh di atas harga ayam daging segar.

Di Pasar Petisah Medan, disebutkan Pedagang ikan segar yang juga Ketua Pelindung Persaudaraan Pedagang Pasar Bersatu (P4B), Siswarno bahwa kenaikan harga ikan segar ini naik sebagian saja dan tidak keseluruhan.

“Rata-rata ikan segar seperti ikan kembung, ikan dencis memang sudah di atas harga Rp40.000 per kg. Bahkan ikan kembung sudah rata-rata diharga Rp45.000 per kg dan ini juga sudah jarang. Bisa dibilang  hanya sekali-sekali saja kalau kurang kualitasnya. Kalau yang memang kualitasnya biasa saja. Kalau hari ini untuk kualitas bagus harga yang kita tawarkan sudah Rp50.000 hingga Rp55.000 per kg,” jelas Siswarno pada Mistar, Jumat (6/10/23).

Baca juga : Jenis-jenis Ikan Berikut Diekspor dengan Nilai Fantastis, Efeknya Harga Mahal di Pasar Tradisional

Sedangkan untuk ikan dencis sendiri ada diharga Rp55.000 per kg untuk ikan dencis pulpen dan untuk ikan dencis bandeng Rp50.000 per kg.

“Ini untuk yang kualitas bagus ya. Memang hari ini agak tinggi harga ikan basah. Sebab, saat ini lagi terang bulan (faktor cuaca) kurang pasokan ikan segar. Sepekan lalu sudah tembus Rp60.000 per kg untuk ikan dencis. Tapi nanti bisa akan turun lagi harga,” sebutnya.

Begitupun untuk harga ikan ini setiap pasar berbeda-beda, bila ada yang dijumpai dibawah harga seperti yang dijualnya, kata Siswarno, bahwa ikan tersebut merupakan ikan kulkas bukan yang segar punya.

Related Articles

Latest Articles