22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Harga Cabai Merah Turun, Rp35.000 per Kg di Medan

Medan, MISTAR.ID

Hampir sepekan ini harga cabai merah di Kota Medan mengalami penurunan. Turunnya harga ini dikatakan pedagang terjadi hampir setiap hari. Di awal pekan, tercatat harga cabai merah dijual Rp35.000 hingga Rp40.000 per kg.

Seperti dikatakan Sadrak, salah seorang pedagang cabai merah di Pusat Pasar Medan. Penurunan harga cabai ini menurutnya lantaran stok yang mulai melimpah. “Karena stoknya sudah banyak, makanya harga cabai ini pun sudah turun. Harga mahal selama ini kan karena stoknya susah. Stoknya sedikit. Sekarang stok banyak, balek murah lagi harganya,” kata Sadrak, Senin (26/9/22).

Sedangkan untuk harga komoditas lainnya juga terbilang normal. Bawang merah dijual Rp32.000 per kg, tomat Rp7.000 per kg, bawang putih Rp20.000 per kg, bawang bombay Rp20.000 per kg.

Baca Juga:Stok Mulai Banyak, Harga Cabai Merah Turun

Sementara itu, data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut (Disperindag) mencatat untuk seluruh harga komoditas di hari ini terjadi penurunan harga. Pantauan utama dimana penurunan harga tercatat antara 1,7%-18,67% jika dibandingkan harga rata-rata diakhir pekan kemarin.

“Penurunan harga ini karena stok banyak masuk dari daerah sentral lokal. Tercatat harga cabai merah di Non Kota IHK turun Rp8.335 per kg sedangkan di Kota IHK juta turun Rp9.778 per kg dibandingkan pada Jumat (23/9/22) lalu. Harga tertinggi tercatat di Labura Rp90.000 per kg, terendah di Serdang Bedagai Rp31.667 per kg,” imbuh Kabid PDN Disperindag Sumut, Barita Sihite.

Menurutnya, penurunan harga sejumlah komoditas ini terjadi karena stok yang banyak masuk dari daerah sentral lokal. “Sementara untuk harga daging ayam dan telur ayam broiler juga turun karena lebih ke mekanisme pasar saja. Terpantau permintaan menurun dibandingkan akhir pekan lalu,” jelasnya.

Baca Juga:Harga Cabai Merah Berangsur Turun di Siantar

Terpisah, Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan memang amatannya harga cabai merah di akhir pekan terus mengalami penurunan, baik di Kota Medan atau wilayah yang berdekatan dengan Kota Medan. Harga cabai merah ada yang dijual di kisaran harga Rp30.000 ribu per kg. Padahal pada hari Kamis (22/9/22) sore, harga cabai merah di tingkat petani itu berada dikisaran Rp30 ribuan per kg. “Nah, saat ini di tingkat pedagang pengecer sudah Rp30.000 per kg. Harga cabai merah tengah berjalan menuju titik terendahnya, yang mungkin akan tercapai di akhir bulan ini atau pertengahan bulan depan. Jika harga bergerak di bawah Rp27 ribuan, yang saya khawatirkan ini petaninya akan mengganti tanamannya. Dan, tentunya sangat berpeluang memicu terjadinya kenaikan harga cabai di bulan November atau Desember. Kenaikan tersebut akan membuat konsumen menderita, karena harga cabai akan kembali naik,” katanya.

Sehingga pada saat ini, petani dibebani dengan tingginya harga pupuk kimia, pestisida serta peningkatan biaya hidup akibat kenaikan inflasi belakangan ini. Petani tentunya membutuhkan dukungan finansial saat skenario penurunan harga cabai di bawah harga keekonomiannya.

“Bisa dengan menekan input biaya produksi, intervensi pasar lewat kebijakan pemerintah, hingga bantuan finansial yang bisa digelontorkan dari skema bantuan sosial (bansos). Ini berarti pemerintah bisa memberikan alokasi bansos tadi kepada petani cabai, sehingga daya belinya terjaga sekalipun harga cabai mengalami penurunan,” tuturnya.(anita/hm15)

Related Articles

Latest Articles