19.8 C
New York
Saturday, September 7, 2024

Hakim Andriyansyah Larang Wartawan Ambil Foto Sidang di PN Medan

Medan, MISTAR.ID

Hakim bernama Andriyansyah , melarang wartawan mengambil foto selama persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Medan pada Kamis (5/9/24). Andriyansyah merupakan hakim yang memvonis bebas mantan Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin-angin (TRP) dalam perkara Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) beberapa waktu lalu.

Awalnya, awak media Mistar masuk ke Ruang Sidang Cakra 8 untuk memantau dan meliput sidang pembacaan surat dakwaan terhadap terdakwa Ikhsan Bohari perkara korupsi pemberian fasilitas kredit oleh Bank Sumut kepada Bohari Grup tahun 2017–2019.

Kemudian, awak Mistar pun mencoba mengambil foto persidangan. Namun, ketika foto persidangan hendak diambil, tiba-tiba Andriyansyah memberhentikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang sedang membacakan dakwaan dan menegur awak Mistar.

“Sebentar-sebentar, ini siapa (foto-foto)? Dari mana?” tanyanya.

Baca juga: Mantan Kades Simangambat Madina Divonis 6,5 Tahun, Hakim: Tangkap Terdakwanya

Mendengar pertanyaan itu, awak Mistar pun menjelaskan bahwa dirinya dari media (wartawan). Setelah itu, dia pun bertanya terkait apakah sudah ada menyampaikan surat izin ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PN Medan.

“Sudah ada izin ke PTSP?” tanyanya berulang kali kepada awak Mistar. Kemudian, awak Mistar pun menjelaskan sudah menyampaikan izin.

Setelah teguran itu, dia pun kembali memerintahkan JPU Fauzan Irgi Hasibuan melanjutkan pembacaan surat dakwaan terhadap Debitur Bank Sumut itu.

Tak lama kemudian, awak Mistar kembali mengangkat handphonenya untuk melakukan pengambilan foto lagi. Kali ini, terdengar suara ketukan palu yang sangat keras dari meja Andriyansyah.

Baca juga: Hakim Vonis Empat Terdakwa Pembuat Miras Ilegal di Medan 16 Bulan Penjara

Sontak, seketika suasana persidangan menjadi hening, karena terkejut dengan suara ketukan palu itu. Ternyata, ketukan palu itu ditujukan kepada awak Mistar karena kembali mengambil foto.

Related Articles

Latest Articles