17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Fraksi PKS Pertanyakan UHC Hingga Pertumbuhan Ekonomi Dalam R-APBD Kota Medan TA 2024

Medan, MISTAR.ID

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) mempertanyakan sejumlah program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Medan tahun 2021-2026 saat Pemandangan Umum fraksi terhadap Nota Pengantar Kepala Daerah terhadap Ranperda Kota Medan tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Kota Medan Tahun Anggaran (TA) 2024, Senin (25/9/23).

“Apa yang menjadi prioritas dalam pembangunan tahun 2024 sesuai dengan revisi RPJMD Kota Medan tahun 2021-2026?” tanya Abdul Latif Lubis.

Selain itu, F-PKS juga mempertanyakan terkait langkah dan strategi Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam merealisasikan target retribusi pelayanan parkir tepi jalan umum.

Baca Juga: Agar Masyarakat Mudah Melapor, Disdikbud Medan Sebar Nomor Interaktif SMPN, Ini Daftarnya

“Target retribusi meningkat hampir 15 miliar [rupiah] dari tahun sebelumnya, yaitu 66,417 miliar [rupiah]. Kami mempertanyakan terkait evaluasi terhadap sistem e-parking yang telah diterapkan. Mohon penjelasannya,” katanya.

Kemudian, Abdul Latif Lubis juga mempertanyakan apa yang menjadi kendala/hambatan dalam mewujudkan program UHC (Universal Health Coverage) di Kota Medan tahun 2024 dan apa evaluasi perbaikan terhadap program UHC yang telah berjalan.

“Kami mengapresiasi Pemerintah Kota Medan yang telah mewujudkan program UHC di Kota Medan tahun 2023,” ucapnya.

Abdul Latif mengatakan, F-PKS juga mempertanyakan dari target PAD yang disampaikan apakah sudah dibuat kajian ilmiah potensi rill dari masing-masing objek pendapatan daerah baik pajak, retribusi maupun PAD lain-lain yang sah.

Related Articles

Latest Articles