26 C
New York
Wednesday, July 17, 2024

Fokuskan Ibadah, Jemaah Diimbau Tidak Selfie di Depan Kabah

Medan, MISTAR.ID

Jemaah calon haji (calhaj) diimbau untuk tidak melakukan hal yang dilarang di Tanah Suci. Salah satunya swafoto (selfie) di depan Kabah dan sekitarnya secara berlebihan.

Hal ini dikatakan Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan 1445H/2024 M, H Ahmad Qosbi SAg MM yang mengimbau para Tamu Allah agar saling mengingatkan satu sama lain.

“Saling menasihati agar tidak melakukan hal yang dilarang di negara tersebut termasuk swafoto (selfie) di depan Kabah dan sekitarnya secara berlebihan karena bisa berakibat hukum dari otoritas keamanan Arab Saudi. Fokus untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji, yang tidak menganggu kekhusyukan ibadah dan tidak menganggu jemaah lainnya,” terang Qosbi, Jumat (24/5/24).

Baca Juga : Calon Jemaah Haji Labuhanbatu Kembali Gunakan Kereta Api Menuju Embarkasi Medan

Kakanwil Kemenag Sumut ini juga menuturka agar jemaah tidak melakukan sesuatu yang mubazir atau kegiatan yang sia-sia. Selain itu, Ia juga mengingatkan pada petugas untuk terus berupaya memaksimalkan pelayanan kepada jemaah selama berada di Embarkasi Medan sampai pemberangkatan ke tanah suci.

“Kami terus melakukan peningkatan kualitas untuk kenyamanan jamaah khusunya pada jamaah lansia dan disabilitas. Kami bekerja sama dengan maskapai untuk memprioritaskan jamaah lansia pada business class,” jelasnya.

Saat ini, keberangkatan Calhaj sudah memasuki kloter 11 asal daerah Kabupaten Batubara, Kabupaten Nias Utara, dan Kota Medan. Dan jemaah ini sudah mengenakan ihram menuju Tanah Suci. (anita/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles