17.7 C
New York
Monday, July 1, 2024

Empat Persoalan Kesehatan Masyarakat Ini Jadi Fokus Dinkes Sumut

Medan, MISTAR.ID

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, dr Alwi Mujahit Hasibuan, MKes mengatakan ada empat persoalan yang sangat penting untuk diselesaikan di dalam sektor kesehatan. Empat persoalan ini mengakibatkan angka kematian cukup tinggi di masyarakat.

“Empat persoalan ini cukup tinggi di Sumut yaitu penyakit jantung, stroke, ginjal dan kanker. Sehingga secara umum kita akan menyelesaikan persoalan yang ada,” kata dr Alwi pada wartawan, Jumat (3/11/23).

Karena itu, pada Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 pada 12 November 2023 mendatang mengangkat tema Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju. Dengan transformasi ini diharapkan ada lompatan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan kesehatan yang ada di Indonesia khususnya di Sumatera Utara (Sumut).

Baca Juga: Periode Januari-September 2023 Ada 149.232 Kunjungan Wisman ke Sumut

“Kita menyadari dengan kejadian Covid-19 ternyata struktur kesehatan kita itu rapuh, daya tahan sistem kesehatan kita itu rapuh. Sehingga kita harus berbenah, suatu saat nanti diharapkan kita bisa mengatasi tantangan itu dan kita bisa lebih siap. Jadi tema transformasi itu seperti itu arahnya nanti. Jadi, secara umum kita akan menyelesaikan persoalan yang ada seperti empat persoalan tadi,” urainya.

Untuk itu, Alwi menjelaskan, ke depannya secara mendasar akan dilakukan promosi pencegahan, upaya promotif dan preventif dan lebih siap dalam menghadapi masalah.

“Terutama kita melakukan pencegahan. Pencegahan ini akan membuat biaya lebih ringan, karena kalau masuk ke dalam pengobatan biayanya akan lebih mahal,” imbuhnya.

Related Articles

Latest Articles