Dukung Terobosan Disnaker Medan, Dewan Harapkan Semua Pengaduan Pekerja Direspons Cepat
dukung terobosan disnaker medan dewan harapkan semua pengaduan pekerja direspons cepat
Medan, MISTAR.ID
Terobosan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Medan dengan meluncurkan 10 nomor interaktif mendapat sambutan positif dari DPRD setempat.
Sebab, langkah tersebut dianggap bisa dengan cepat mengatasi segala permasalahan yang dialami para pekerja.
“Ini merupakan langkah yang baik untuk memperbaiki iklim kerja di Kota Medan,” ucap Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Medan, Surianto, pada Kamis (12/10/23).
Baca juga: Alami Masalah Pekerjaan, Laporkan ke Nomor Interaktif Disnaker Medan
Dikatakan pria yang akrab disapa Butong ini, pihaknya di Komisi II memang telah meminta dibukanya layanan konsultasi tersebut kepada Disnaker Kota Medan. Pasalnya, selama ini para tenaga kerja mengaku sering kesulitan dalam menyampaikan keluhannya.
“Berawal dari layanan pengaduan atau konsultasi soal Tunjangan Hari Raya (THR) yang dibuka Disnaker Kota Medan di bulan April (2023) lalu, kita fikir itu sangat baik. Tapi akan lebih baik kalau ada layanan konsultasi soal semua masalah ketenagakerjaan, bukan hanya THR. Alhamdulillah, saat ini sudah terealisasi,” katanya.
Setelah layanan konsultasi tersebut dibuka, Butong pun meminta agar Disnaker Kota Medan dapat merespons dengan cepat seluruh keluhan yang disampaikan.
Baca juga: Pekerja Tewas Tertimpa Crane, Disnaker Medan Periksa Kelengkapan Dokumen PT Jaya Beton
“Untuk kewenangannya di (Disnaker) Kota Medan segera selesaikan. Sementara untuk kewenangannya di (Disnaker) Provinsi Sumatera Utara segera berkoordinasi untuk menyelesaikan masalah tersebut,” tegas Ketua Fraksi Gerindra DPRD Medan itu.
Butong pun berharap, agar layanan ini bukan sebuah bentuk formalitas pelayanan dasar yang hanya bersifat menampung setiap keluhan tenaga kerja. Akan tetapi, dapat menjadi sarana bagi setiap tenaga kerja dalam mendapatkan solusi dari setiap masalah ketenagakerjaan yang dialaminya.
“Jangan sampai layanan konsultasi ini hanya menjadi lip service. Kita berharap layanan konsultasi ini harus benar-benar bermanfaat bagi yang ingin mencari solusi dari masalah ketenagakerjaan yang dihadapinya,” harapnya.
Baca juga: Disnaker Medan: Penyandang Disabilitas Punya Hak yang Sama Dalam Mendapatkan Pekerjaan
Untuk memaksimalkan program ini, Butong pun meminta kepada setiap serikat pekerja di Kota Medan agar turut mensosialisasikan layanan konsultasi ini kepada seluruh anggotanya. Dengan begitu, tidak ada lagi tenaga kerja di daerah itu tidak mengetahui adanya layanan konsultasi Disnaker Medan tersebut.
“Kemudian kita sarankan, bijaklah dalam menggunakan layanan konsultasi ini. Sampaikan apag menjadi keluhan yang bertujuan untuk mencari penyelesaian masalah, bukan bermaksud memprovokasi siapapun,” pungkasnya. (rahmad/hm16)
PREVIOUS ARTICLE
Inflasi AS Relatif Panas, Nilai Rupiah Justru Menguat