9.8 C
New York
Saturday, May 11, 2024

Dua Hari ke Depan, BMKG Prakirakan Aceh, Nias dan Sibolga Alami Gelombang Tinggi Capai 3 M

Medan, MISTAR.ID
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Belawan memprakirakan dalam dua hari ke depan kawasan perairan Aceh, Nias dan Sibolga mengalami gelombang tinggi yang mencapai 3 meter (m).

“Waspada gelombang tinggi 2- 3 meter yang diprakirakan terjadi di perairan barat Aceh, Perairan Meulaboh – Sinabang, Perairan Utara Sabang, Samudera Hindia Barat Aceh, Perairan Nias – Sibolga dan Samudera Hindia Barat Nias,”beber Prakirawan Christen Novena kepada wartawan, Minggu (12/1/23).

Ia mengatakan, untuk angin di atas perairan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) pada umumnya bergerak dari timur laut hingga selatan dengan kecepatan 2 – 15 knot.

Baca Juga:BMKG Sebut Malam Hari Kawasan Danau Toba Berpotensi Hujan Lebat

“Sedangkan untuk hari ini, angin di atas perairan Sumbagut pada umumnya bergerak dari timur laut hingga selatan demgan kecepatan 2 – 15 knot,” sebut Christen.

Ia mengatakan, gelombang tinggi ini sudah terjadi sejak, Sabtu (11/2/23) kemarin, yang mencapai 2-3 M yang berada di perairan barat Aceh, Meulaboh – Sinabang, utara Sabang, Samudera Hindia Barat Aceh, perairan Nias – Sibolga, dan Samudera Hindia Barat Nias.

Baca Juga:BMKG: Pantai Barat, Lereng Timur dan Pegunungan Sumut Alami Hujan Lebat

“Dengan kondisi sinoptik angin di atas perairan Sumbagut pada umumnya bergerak dari timur hingga Barat daya dengan kecepatan 2-15 knot,” pungkasnya.

Dari catatan MISTAR.ID, gelombang tinggi di kawasan perairan Kepulaun Nias, Sibolga dan sampai Aceh pada Februari 2023 telah terjadi tiga kali. Dengan ketinggian gelombang air mencapai 3,5 meter.(bany/hm10)

 

Related Articles

Latest Articles