27.1 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

 DPRD Medan Ingatkan Pemko Lakukan Antisipasi Banjir Sedini Mungkin

Medan, MISTAR.ID

Beberapa hari belakangan, Kota Medan kerap diguyur hujan deras. Untuk itu, Pemko Medan diminta agar mengantisipasi banjir sedini mungkin, di tengah pergantian musim.

“Memasuki pergantian musim, Pemko Medan harus membuat program dan mengantisipasi masyarakat yang nantinya terdampak banjir,” kata Anggota Komisi II DPRD Medan Syaiful Ramadhan, Rabu (3/8/22).

Syaiful menyebut, Pemko Medan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bisa membuat strategi-strategi dalam mengatasi dampak banjir.

Baca juga:Korban Banjir Medan: Habis Semua Pak!

“Saya sarankan agar mulai sekarang membuat agenda atau semacam antisipasi, supaya bantuan makanan untuk pengungsi dan lainnya sudah teratasi,” ucap Ketua Fraksi PKS DPRD Medan ini.

Begitu juga kelurahan dan kecamatan, Syaiful meminta pemerintah terus memberikan informasi kepada masyarakat berupa imbauan-imbauan jika banjir melanda.

“Hal ini harus sedini mungkin diantisipasi dengan kolaborasi semua OPD di Pemko Medan,” pintanya.

Dikatakan Syaiful, bahwa saat ini belum ada perubahan signifikan dalam penanganan banjir di Kota Medan. Hal itu terlihat dari beberapa titik yang masih tetap dilanda banjir jika hujan turun.

“Seperti di tempat Kampung Baru Gang Subur Bawah, Kecamatan Medan Maimun. Dari awal saya menjabat anggota dewan tahun 2019, kawasan tersebut tetap banjir sampai sekarang. Padahal sudah saya laporkan untuk ditangani,” ungkapnya.

Untuk itu, Syaiful mengatakan bahwa hal ini harus menjadi pekerjaan rumah (PR) Pemko Medan sebagaimana Wali Kota Medan Bobby Nasution yang menginginkan persoalan banjir bisa teratasi.

Baca juga:Atasi Banjir di Medan, Bobby Ingin Danau Martubung Jadi Wisata Air

“Kita di DPRD Medan sudah menyahuti dengan melakukan penambahan anggaran penanggulangan banjir. Di P-APBD juga sedang kita sedang bahas adanya penambahan-penambahan anggaran. Artinya, kalau juga tidak berdampak sangat disayangkan, apalagi anggarannya besar,” pungkasnya. (rahmad/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles