15.8 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Ditlantas Polda Sumut Segera Launching ETLE

Medan, MISTAR.ID
Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sumut dalam waktu dekat segera melakukan launching program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik.

Direktur Lalulintas Polda Sumut Kombes Pol Indra Darmawan Irianto mengatakan, menurut rencana, program yang merupakan implementasi teknologi untuk mencatat pelanggaran-pelanggaran dalam berlalulintas secara elektronik untuk mendukung keamanan, ketertiban, keselamatan serta ketertiban dalam berlalu lintas tersebut akan diluncurkan pada 18 Februari 2022.

“Sesuai rencana, ETLE ini akan diluncurkan dan dikenalkan kepada masyarakat pada 18 Februari 2022 mendatang,” ungkapnya kepada wartawan, Selasa (15/2/22).

Baca juga:23.266 Kendaraan Kena Tilang Elektronik di Sumut

Mantan Dirlantas Papua Barat ini mengaku, saat ini pihaknya masih berbenah dan berkoordinasi dengan pihak terkait prihal ETLE ini. Namun sejauh ini, sambung dia keberadaan ETLE masih di satu titik, yakni di Lapangan Merdeka Medan.

“Di beberapa titik jalan, seperti di seputaran rumah dinas masih hanya terpasang lampu blitz. Sedangkan untuk kameranya masih belum (terpasang),” jelasnya.

Karena, tutur Indra, Ditlantas Polda Sumut masih mencoba mempersiapkan berbagai teknologi pendukungnya. Karenanya, tambah dia, meski ETLE nantinya sudah ada, hal itu belum dapat dijalankan dan masih dalam tahap uji coba.

“Kita masih mencoba menggodok untuk teknologinya. Nanti akan kita kabari kalau sudah selesai dan sudah turun arahan dari Korlantas,” pungkasnya.

Baca juga:23.266 Kendaraan Kena Tilang Elektronik di Sumut

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah meresmikan launching tilang elektronik (ETLE) nasional tahap I pada tahun 2021 lalu. Dalam launching ini, terdapat 12 Polda dengan 244 kamera tilang elektronik yang bakal dioperasikan.

Ke-12 Polda tersebut adalah, Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Timur, Polda Jambi, Polda Sumatera Utara, Polda Riau, Polda Banten, Polda DIY, Polda Lampung, Polda Sulawesi Selatan dan Polda Sumatera Barat. (saut/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles