14.4 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Ditanya Soal Pendefinitifan, Plt Wali Kota Siantar Angkat Tangan

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Jadwal pelantikan Plt Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani menjadi Wali Kota yang definitif belum kunjung menemukan titik terang. Informasi teranyar, pelantikan belum kunjung dilaksanakan karena adanya berkas yang belum dilengkapi.

Saat dikonfirmasi mengenai pelantikannya di sela-sela kegiatan yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematang Siantar, Susanti hanya menunduk dan mengangkat kedua tangannya secara bersamaan tanpa terdengar berkomentar apapun, Kamis (18/8/22).

Sementara itu, Kepala Biro (Kabiro) Pemerintahan dan Biro Otda Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Setdaprovsu), Zubaidi yang dikonfirmasi mengenai berkas yang belum dilengkapi. Ia menyebut berkas yang belum dilengkapi itu adalah berkas pencantuman gelar. Dan saat ini, berkas itu sudah dilengkapi.

Baca juga: Pendefinitifan Plt Wali Kota Siantar dan Tanjung Balai, Gubernur Tunggu Persiapan

“Tapi sekarang sudah semua …. dan suratnya sudah kami sampaikan ke pemerintah pusat untuk perbaikan gelar,” ujar mantan Pj Sekda Kota Pematang Siantar itu melalui pesan aplikasi Whats App (WA). Lebih lanjut Zubaidi mengatakan, pihaknya masih menunggu balasan dari pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemedagri). “Jadi menunggu surat balasan dari Dirjend Otda,” ujarnya.

Selanjutnya, Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pematang Siantar, Titonica Zendrato ketika dikonfirmasi mengenai waktu pelantikan Plt Wali Kota. Ia mengatakan bahwa dalam hal pelantikan, pihak Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar posisinya menunggu. Ketika disinggung mengenai berkas pencantuman gelar, Titonica mengatakan hal itu dari KPUD.

“Itu dulunya ranah dari KPUD, dari KPUD ke DPRD, lalu DPRD yang mengusulkan untuk pelantikan berdasarkan dari penetapan KPUD. Setelah dari DPRD, lanjut ke provinsi. Jadi tidak ada ranah kami di situ, sifat pemerintah kota itu menunggu. Dan tidak ada diminta dari kami (berkas) apapun,” tegasnya. (ferry/hm09)

Related Articles

Latest Articles