19.5 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Diresmikan Wali Kota, Medan Kini Punya CC Rooms ITS Seperti Korsel

Medan, MISTAR.ID

Menuju Smart City, Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan terobosan di bidang lalu lintas. Lewat CC Rooms Inteligent Transportasi System (ITS), pemantauan arus lalu lintas yang dilakukan Dishub Medan akan lebih mudah lagi ke depannya.

Launching CC Rooms ITS tersebut diresmikan langsung Wali Kota Medan, Bobby Nasution di kantor CC Rooms ITS Kota Medan Jalan Pulau Pinang, Kecamatan Medan Barat, Rabu (27/12/23) sore. Turut hadir Kapolrestabes Medan, Dandim 0201 Medan serta Forkopimda Kota Medan.

Dalam laporannya, Kadishub Medan Iswar Lubis menjelaskan, sebelum dilakukan pengembangan menjadi CC Rooms ITS, jumlah cctv pemantau lalu lintas di Kota Medan berjumlah 352 unit.

“Setelah dikembangkan, jumlah cctv kita menjadi 399 unit, dengan rincian 177 kamera PTZ dan 222 kamera VID,” jelasnya.

Baca Juga : Wujudkan Smart City, Pemko Medan Dukung Penuh Program Road Safety Policing Diterapkan

Dengan pengembangan yang dilakukan, kata Iswar, nantinya kamera cctv yang ada akan berfungsi untuk memantau banjir, lalu lintas hingga prediksi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Jadi kameranya multifungsi. Semua sesuai arahan dan instruksi Pak Wali saat kunjungan ke Korsel, sehingga kita (Kota Medan) melakukan pengembangan menuju Smart City,” katanya.

Wali Kota Medan Bobby Nasution memberikan apresiasi kepada Dishub Medan yang melakukan terobosan di bidang lalu lintas.

“Ini patut kita apresiasi. Sebagai kota ketiga terbesar di Indonesia, sudah seharusnya Kota Medan menuju Smart City. Saya harap Kota Medan bukan hanya berstatus kota terbesar ketiga saja, tapi SDM nya juga harus lebih maju,” pesannya.

Baca Juga : Implementasikan Smart City di Siantar, Pemko dan Kemenkominfo Teken MoU

Dengan diresmikannya CC Rooms ITS ini, Bobby meminta Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Kota Medan untuk lebih mematangkan semua rencana pembangunan yang dilakukan, termasuk di bidang lalu lintas.

“Untuk saat ini manfaatkan semua fasilitas yang ada dahulu. Jika memang perlu ada penambahan, saya minta perencanaannya matang, sehingga nantinya dapat berfungsi dengan baik,” pungkasnya. (rahmad/hm24)

Related Articles

Latest Articles