7 C
New York
Tuesday, October 15, 2024

Dairi hingga Tapteng Diprediksi Diterjang Hujan Petir Besok, BMKG: Waspada

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sejumlah wilayah Sumatera Utara (Sumut) akan diterjang hujan lebat disertai petir pada besok hari, Rabu (15/10/24).

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Defri Mandoza, saat dikonfirmasi Mistar melalui sambungan seluler, Selasa (15/10/24).

“Kabupaten Dairi, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Kabupaten Pakpak Bharat, dan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) diperkirakan hujan petir pada siang hari,” katanya.

Baca juga : Cuaca Berawan dan Hujan Hiasi Kota-Kota Besar Indonesia Hari Ini

Defri mengatakan kondisi tersebut diprediksi akan terus terjadi hingga beberapa hari ke depan. Kata dia, penyebabnya adalah karena adanya tekanan udara rendah di salah satu wilayah perairan di Sumatera.

“Kondisi ini pun diprakirakan masih akan terjadi hingga beberapa hari kedepan. Kondisi ini disebabkan karena terdapat daerah tekanan udara rendah di wilayah perairan sebelah barat Sumatera,” jelasnya.

Sehingga, lanjut Defri, menyebabkan terjadinya belokan angin di wilayah Sumut dan terdapat pertumbuhan awan hujan yang mengakibatkan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumut.

Baca juga : Kota Besar di Indonesia Berpotensi Diguyur Hujan Hari ini, Termasuk Medan

Oleh karena itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa waspada dengan kondisi cuaca yang sewaktu-waktu dapat berubah.

“Imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah pegunungan, lereng barat dan pantai timur Sumut yang dapat berpotensi terjadinya banjir, longsor, serta bencana hidrometeorologis lainnya,” imbau Defri. (deddy/hm18)

Related Articles

Latest Articles