20 C
New York
Tuesday, July 2, 2024

Besok, Sebagian Besar Wilayah di Sumut Diprediksi Hujan

Medan, MISTAR.ID

Badan Meterologi Klimatologi dan Gesofisika (BMKG) Wilayah I Medan memprediksi hujan akan turun di beberapa wilayah di Sumatera Utara (Sumut) pada Minggu 12 Mei 2024. Namun, pada dini hari seluruh wilayah di Sumut akan berawan. Kondisi itu diprediksi akan terus berlangsung sampai pagi hari.

“Pada siang hari diprediksi akan turun hujan dengan intensitas ringan-lebat di wilayah Simalungun, Asahan, Karo, Toba, Samosir, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Padang Lawas, Mandailing Natal, Nias Utara, Nias Selatan, Kota Gunung Sitoli dan sekitarnya,” kata Prakirawan BMKG Wilayah I Medan, Putri Diana Tarigan, Sabtu (12/5/24).

Dijelaskannya, kondisi tersebut akan berlangsung sampai malam hari dan meluas ke wilayah Langkat, Binjai, Samosir, Toba, Karo, Humbang Hasundutan, Sibolga, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Mandailing Natal dan sekitarnya.

“Untuk suhu udara 17-33.0 °C dengan kelembapan udara 60-98% serta angin yang berhembus dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 10-30 Km/Jam. Untuk titik panas (hotspot) terpantau ada 1 titik di Tapanuli Tengah,” jelasnya.

Baca Juga : BMKG Sebut Heat Wave Bukan Penyebab Suhu Panas di Indonesia

Putri mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah Pantai Barat, Lereng Barat, Pegunungan dan sebagian Lereng Timur Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir, longsor serta bencana hidrometeorologis lainnya.

“Kami harap masyarakat dapat terus mengikuti arahan pemerintah maupun perkembangan cuaca dari BMKG,” pungkasnya. (rahmad/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles